D4 Sistem Multimedia

Program Studi D4 Sistem Multimedia berfokus pada penguasaan keahlian dibidang teknologi multimedia dan konten multimedia dalam sistem terdistribusi. Lulusan diharapkan memeiliki keutamaan dalam penguasaan keahlian dibidang sistem multimedia.

VISI
 

Menjadi pusat riset, inovasi dan pengembangan kompetensi multimedia dengan penguasaan di bidang teknologi multimedia & konten multimedia yang berdaya saing secara nasional dan internasional.

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan bagi tenaga IT professional yang kreatif, inovatif, berkarakter, berakhlak mulia, komunikatif, berwawasan dan memiliki kompetensi di bidang Multimedia

  2. Melakukan pengembangan dan penelitian bidang Sistem Multimedia yang meliputi penguasaan Teknologi Multimedia dan Konten Multimedia

  3. Melakukan pengembangan kurikulum vokasional yang berbasis pada keahlian analisa dan praktis sesuai kebutuhan SDM Industri Multimedia 

  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholder pendidikan, pemerintah, swasta dan industri dalam rangka penyesuaikan kebutuhan lulusan dan pengembangan proses pembelajaran.

TUJUAN

Menghasilkan SDM yang memiliki kemampuan analisa dan keahlian praktis dalam bidang Multimedia yang meliputi penguasaan Teknologi Multimedia dan Konten Multimedia, serta mampu mengembangkan diri mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan industri. 

PROFIL LULUSAN

Lulusan program studi D4 Sistem Multimedia diharapkan memiliki keahlian dalam pengembangan teknologi multimedia interaktif dan pengembangan Games.

Spesifikasi profil lulusan untuk memenuhi kebutuhan tersebut diantaranya :
  1. Memiliki penguasaan dalam penggunaan perangkat multimedia
  2. Memiliki penguasaan teknologi mobile
  3. Memiliki keahlian tentang penguasaan teknologi multimedia interaktif baik yang bersifat standalone ataupun berupa sistem terdistribusi
  4. Memiliki keahlian pembangunan Games yang berbasiskan jaringan kabel maupun nirkabel.
KOMPETENSI

Untuk mendapatkan lulusan yang berkualitas, prodi D4 Sistem Multimedia menyusun kompentensi dalam 2 (dua) bagian, yaitu kompetensi utama dan kompetensi pendukung.

Kompetensi Utama
  1. Mampu merancang & membuat desain kreatif multimedia yang meliputi animasi, desain grafika dan pengolahan citra
  2. Mampu membuat animasi 2D & 3D  serta pemrograman animasi
  3. Menguasai pengembangan Games & aplikasi Interaktif
  4. Menguasai pemrograman mobile
  5. Menguasai sistem realitas dan intelejensi serta pengembangannya
  6. Menguasai delivery produk dan jasa multimedia kepada pelanggan serta mampu mendemonstrasikannya kepada pelanggan
  7. Menguasai delivery produk dan jasa multimedia kepada pelanggan serta mampu mendemonstrasikannya kepada pelanggan.
Kompetensi Pendukung
  1. Memiliki jiwa entrepreneurship dan profesionalitas serta menjunjung tinggi etika profesi dan integritas berdasarkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  2. Mampu berkomunikasi melalui komunikasi lisan dan tulisan
  3. Mampu bekerja secara profesional dengan menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh semasa kuliah.
SITUS RESMI

http://dsm.telkomuniversity.ac.id/