S1 Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah ilmu yang menjembatani pengkomunikasian sebuah makna melalui media visual. Disiplin ilmu diterapkan antara lain melalui praktikum dan pembelajaran teori, yang mana dapat memunculkan pemahaman mengenai desain langsung dari pengalaman mahasiswa. Jurusan ini tidak hanya mempersiapkan mahasiswa untuk mendapatkan gelar dibidang desain, namun juga menggalakkan pemikiran inovatif untuk menggiatkan inisiasi kreatif terhadap penerapan desain dalam kehidupan sehari-hari.

DKV Tel-U hingga kini merupakan satu-satunya program tingkat sarjana strata satu yang berbeda dari DKV Tel-U pada umumnya. DKV Tel-U meramu dua macam ilmu dalam satu jurusan, agar dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, kapabilitas, serta kecakapan yang lebih unggul. Selain ilmu desain, DKV Tel-U juga mempelajari ilmu manajemen. Kolaborasi dua disiplin ilmu tersebut menjadikan lulusan DKV Tel-U memiliki kemampuan yang lebih unggul dibandingkan dengan mahasiswa DKV pada umumnya.

 

VISI

 

Menjadi Prodi Desain Komunikasi visual unggulan dengan basis penguasaan ICT dan budaya Nusantara, serta pusat pengembangan Creativepreneur.

 

MISI
  1. Menyelenggarakan Tridharma perguruan tinggi yang inovatif dan berkualitas di bidang Desain Komunikasi Visual berbasis manajemen desain dan teknologi multimedia yang bermanfaat bagi bangsa dan negara
  2. Membentuk mahasiswa yang memiliki integritas tinggi, sikap profesional, dan semangat kewirausahaan
  3. Melaksanakan kegiatan Pengabdian pada Masyarakat melalui implementasi Creativepreneur yang mendukung peningkatan kualitas kehidupan dan pemberdayaan masyarakat.
TUJUAN
  1. Menyelenggarakan Tridharma Pendidikan di bidang Desain Komunikasi Visual untuk menghasilkan lulusan berjiwa Creativepreneur yang menguasai ICT dan memahami budaya Nusantara.
  2. Memperkuat penelitian di bidang  desain komunikasi visual dengan industri, akademisi, swasta dan pemerintah untuk menghasilkan karya yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi kreatif nasional.
  3. Memberikan pelayanan terbaik kepada para stakeholder.
KONSENTRASI
  1. Technopreneurship
    • (Fokus pada penciptaan produk visual berbasis teknologi dan penciptaan bisnis). Kualitas lulusan : memiliki kompetensi desain komunikasi visual untuk mengembangkan inovasi produk dan bisnis pada industri terkait, serta memiliki entrepreneurial skill yang ditunjang oleh keterampilan di bidang Information and Communication Technology (ICT).
  2. Multimedia Marketing
    • (Fokus pada perencanaan dan riset pemasaran produk visual). Kualitas lulusan : memiliki kompetensi di bidang Marketing Multimedia, melalui pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT), serta memiliki entrepreneurial skill untuk berbisnis secara mandiri.
SITUS RESMI

bvcd.telkomuniversity.ac.id