S1 Sistem Komputer

Program Sarjana Sistem Komputer didirikan berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Departemen Pendidikan, Republik Indonesia Nomor 108 / DT / 2007 tanggal 16 Januari 2007.

Kurikulum program ini dirancang dengan total kredit 144 selama 4 tahun / 8 semester. Bagi mahasiswa yang dapat mempertahankan IPK mereka diatas 3,00 pada setiap akhir semester, fakultas menyediakan Program Percepatan dimana mereka dapat menyelesaikan studi mereka selama 3,5 tahun / 7 semester.

VISI
 

Menjadi Program Studi S1 Sistem Komputer berstandar internasional yang menghasilkan lulusan di bidang komputer.

MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berstandar internasional untuk menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu dan teknologi komputer. 

  2. Menyelenggarakan penelitian berkualitas internasional di bidang Sistem Komputer berbasis ilmu dan teknologi computer dengan melibatkan mahasiswa secara aktif.  

  3. Menjalankan pengabdian masyarakat dengan prinsip menyebarluaskan ilmu dan teknologi komputer hasil penelitian kepada masyarakat luas dengan melibatkan mahasiswa secara aktif. 

  4. Membekali mahasiswa ilmu dan pengetahuan yang praktis, agar mampu bekerja, dan mengembangkan diri dan berwirausaha di bidang teknologi informasi dan komunikasi khususnya bidang komputer.

TUJUAN
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi, mampu mengembangkan diri dan berwirausaha di bidang Sistem Komputer secara professional pada tingkat nasional maupun internasional. 

  2. Menghasilkan karya kreatif dan inovatif di bidang Sistem Komputer sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat pada tingkat nasional maupun internasional. 

  3. Berkontribusi pada pengembangan industri dalam penerapan keilmuan sistem komputer.

KOMPETENSI

Learning Outcome Program Studi S1 Sistem Komputer

Kompetensi Utama Lulusan Program Studi Sarjana Sistem Komputer, adalah :
  1. Mempunyai kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dasar matematika, sains, dan rekayasa (engineering), keterampilan (skill), dan perlengkapan (tools) rekayasa dalam menganalisis, dan menyelesaikan permasalahan sistem komputer yang dihadapi.
  2. Mempunyai kemampuan menguasai perkembangan teknologi komputer dan jaringan komputer dan telekomunikasi.
  3. Mempunyai kemampuan untuk identifikasi, formulasi, dan penyelesaian masalah dengan menganut kaidah-kaidah profesional (menggunakan alat bantu terkini dalam kegiatan rekayasa komputer dan jaringan komputer dan dan telekomunikasi)
  4. Mempunyai kemampuan untuk merancang, melakukan eksperimen, melakukan analisis dan interpretasi data. Meliputi :
    1. Mempunyai kemampuan Sistem Keamanan dan Desain Jaringan Komputer dan Telekomunikasi.
    2. Mempunyai kemampuan menganalisis dan merancang sistem perangkat lunak untuk sistem berbasis mikrokomputer dan jaringan komputer dan telekomunikasi
    3. Mempunyai kemampuan merancang sistem komputer (Hardware/embedded system), sistem-sistem sederhana berbasis mikrokomputer dan jaringan komputer dan telekomunikasi
    4. Mampu merancang dan membangun sistem cerdas
  5. Mempunyai keterampilan dalam melakukan pemrograman dan penggunaan minimal sebuah software pemrograman dan sebuah software aplikasi. Meliputi :
    1. Mempunyai kemampuan membangun (meng-coding) sistem perangkat lunak untuk sistem berbasis mikrokomputer dan jaringan komputer dan telekomunikasi.
    2. Mempunyai kemampuan Mobile Computing pada jaringan komputer dan telekomunikasi.
Kompetensi Pendukung Lulusan Program Studi Sarjana Sistem Komputer, adalah :
  1. Mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi (dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris) dan berinteraksi secara positif baik secara individu maupun di dalam tim yang bersifat multidisiplin.
  2. Mempunyai pemahaman tentang tanggung jawab dan etika profesi.
  3. Mempunyai pemahaman terhadap attitude dan keterampilan enterpreneurships baik secara individu maupun di dalam tim yang bersifat multidisiplin.
Kompetensi Lainnya Lulusan Program Studi Sarjana Sistem Komputer, adalah:
  1. Mengerti dan memahami ajaran salah satu agama yang diakui secara resmi di Indonesia
  2. Mempunyai wawasan terhadap pengetahuan umum yang diperlukan untuk mengerti pengaruh solusi rekayasa dalam konteks sosial atau konteks global.
  3. Mempunyai kesadaran untuk selalu belajar seumur hidup, dan bersifat terbuka terhadap perkembangan yang ada.
  4. Mempunyai wawasan terhadap perkembangan kontemporer teknologi dalam bidang keahlian Sistem Komputer.  
SITUS RESMI

bsk.telkomuniversity.ac.id