Tim Kasuari APTRG Telkom University Raih Juara 3 Komurindo Kombat 2017

BANDUNG, Telkom University –  Mahasiswa Telkom University kembali meraih prestasi dalam bidang robotik. Kali ini prestasi diukir dari hasil riset group Telkom University APTRG (Aeromodelling and Payload Telemetry Reserch Group) yang berhasil menyabet juara 3 pada Kejuaraan Komurindo Kombat 2017, di LAPAN Pamengpeuk Kab. Garut pada 22-25 Agustus 2017.

Acara gelaran lembaga penerbangan dan antariksa nasionak bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) kompetisi ini dibagi menjadi 3 kategori yakni Muatan Roket, Wahana Kendali dan Muatan Balon, tim APTRG Telkom University menurunkan masing-masing 1 tim disetiap kategori, yakni tim bangau APTRG kategori muatan roket, tim Camar APTRG kategori wahana kendali dan tim Kasuari APTRG kategori muatan balon.

Tim Kasuari pada kategori muatan balon berhasil meraih juara ketiga pada ajang ini, dengan anggota Yan Bagus Arief Setio S1 T Telekomunikasi Ekstensi 2016, Rama Aditya Putra S1 T Telekomunikasi 2015, Satrya Budi PratamaS1 T Informatika 2015, Mujaddid shibghotul islam S1 T Fisika 2015, dan Kinayungan Alfatan Lodan Hartanto S1 T Elektro 2016, tim Kasuari berhasil membuat sistem monitoring keadaan atmosfer yaitu suhu, kelembaban, tekanan udara, ketinggian, arah angin, kecepatan angin, posisi balon dan kadar gas rumah kaca atau CO2.

“Selain itu kategori muatan balon juga kita membuat antena untuk komunikasi data dari balon ke ground control station, sistem antena yang di buat yaitu antena dengan auto tracking position, dimana antenna tersebut mampu berkomunikasi dengan jarak ketinggian 10 Km Vertikal” kata Yan Bagus Arief Setio.

Melalui persiapan sejak April lalu, Yan berharap agar tahun selanjutnya tim APTRG Telkom University bisa mendapat juara di setiap kategori nya.

“Dari perlombaan ini kami banyak belajar untuk mempersiapkan semuanya lebih matang lagi, semoga kedepannya tim APTRG bisa mendapatkan juara di kategori kategori lainnya,  dan untuk muatan balon bisa meningkatkan prestasi dari tahun ini” katanya.

Adrian

Share on: | | | |