Gagasan Proyek Akhir Harus Dapat Memberikan Solusi | Telkom University

Gagasan Proyek Akhir Harus Dapat Memberikan Solusi

BANDUNG, TEL-U – Mahasiswa bingung menentukan judul proyek akhir? Ini ada kiat yang diberikan oleh General Manager Business Innovation Bandung Techno Park (BTP) Iwan Iwut Tritoasmoro, ST.,MT. Menurut Iwan, sebuah judul pada tugas akhir harus berisi gagasan yang bisa memberi solusi terhadap permasalahan yang ada.

“Perusahaan tidak membutuhkan teknologi apa yang kalian buat, melainkan seberapa besar gagasan teknologi itu dapat memberikan solusi dan memberi nilai tambah,” ujar Iwan. Hal ini disampaikan pada Kuliah Umum Fakultas Ilmu Terapan (FIT) Tel-U di gedung Damar, Jumat (18/9).

Menurutnya, gagasan baik adalah gagasan yang dapat membuka kesempatan yang luas bagi customer. “Teknologi itu ditawarkan pada waktu yang tepat, misalnya saat ada kebutuhan mendesak,” ujarnya.

Ia mencontohkan dua produk teknologi yang dikembangkan di BTP, Posturcheck dan U-Kit. Postur Check yakni sistem pemeriksaan postur tubuh yang digunakan pada seleksi calon anggota TNI AD. Sedangkan, U-Kit, yakni alat praktikum yang digunakan untuk media pembelajaran hardware elektronika khususnya mikrokontroler. Kedua teknologi ini menawarkan solusi dan berdasar pada kebutuhan yang ada.

Setelah gagasan didapat, bagaimana merealisasikan gagasan tersebut?

“Setelah menentukan ide, langkah selanjutnya adalah analisis teknologi apa yang akan digunakan. Setelah itu analisis bagimana potensi pasarnya,” kata Iwan. Jika mahasiswa ingin menindak lanjutinya menjadi bisnis tentu akan ada analisis lainnya. “Jika dikembangkan menjadi start up bisnis, hal itu agak berat jika dilakukan seorang diri. Mahasiswa sebaiknya bekerjasama dengan incubator bisnis atau industri,” tutur Iwan

Kuliah umum FIT diikuti oleh mahasiswa S3 Teknik Telekomunikasi. Selain Iwan, kuliah umum menghadirkan Manager Network Infrastruktur PT. Jabar Telematika BUMD Provinsi Jawa Barat, Dudung Rochimat. Dudung menyampaikan tentang materi Riset dan Inovasi di bidang Jaringan dan Fiber Optik.- (purel/risca)

Share on: | | | |