“Jomblo Indonesia” Raih Juara 3 pada Ajang Gemastik 8 di Yogyakarta | Telkom University

“Jomblo Indonesia” Raih Juara 3 pada Ajang Gemastik 8 di Yogyakarta

JOGJAKARTA, TEL-U - Tim HashTag Telkom University (Tel-U) berhasil meraih juara 3 pada Kategori Pengembangan Aplikasi Games dalam Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 8 Tahun 2015. Sedangkan untuk Juara 1 diraih oleh Tim EsKrim Games dari Politeknik Negeri Jakarta dan Juara 2 diraih oleh Tim Reversi Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

Kompetisi yang mengusung Kreativitas dan Inovasi Pemuda Menuju Masyarakat Indonesia Berdikari tersebut diselenggarakan di Auditorium Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dari Senin-Rabu, tanggal 26 – 28 Oktober 2015.

Tim yang beranggotakan Miftahul Bagus Pranoto, Ranita Windriani, dan Yunita Kumaeroh berhasil meraih juara melalui aplikasinya yang diberi nama Jombie. Ketiga mahasiswa tersebut berasal dari Prodi D3 Informatika Fakultas Ilmu Terapan (FIT).

Menurut Bagus, Jombie merupakan singkatan dari Jomblo Indonesia. Jombie merupakan permainan (game) berbasis Android yang mengenalkan tradisi, adat, dan budaya pernikahan di Indonesia. Game ini terdiri dari beberapa mini-game sebagai tantanganya. “Siapa yang dapat menyelesaikannya, bisa berfoto menggunakan fitur Augmented Reality baju pernikahan sesuai dengan daerahnya,” ujarnya.

Game Jombie sebenarnya merupakan satu dari sekian banyak karya akhir mahasiswa Prodi D3 Informatika FIT yang wajib untuk diikutsertakan pada Kompetisi Gemastik 8 Tahun 2015. Karya ini pada dasarnya bukanlah karya yang dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi. Tetapi kerja keras dari Tim HashTag berhasil meraih Juara 3 dalam Kategori Pengembangan Aplikasi Games.

Bagus mengungkapkan, bahwa mereka tidak menyangka bisa meraih tiga besar dalam kategori tersebut. “Saran bagi teman-teman, mencari ide tidak perlu jauh-jauh yang penting unik dan menarik,” ujarnya.

Sementara itu, untuk juara Umum Gemastik 8 2015 diraih oleh Insititut Teknologi Bandung dengan raihan 3 emas dan 3 perunggu. Kemudian diikuti oleh Universitas Gadjah Mada dengan raihan 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu, Universitas Indonesia dengan raihan 1 emas dan 3 perak, Institut Pertanian Bogor dengan raihan 1 emas dan 1 perak, serta Politeknik Caltex Riau dan Politeknik Negeri Jakarta yang sama-sama meraih 1 emas.

Direktur Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada, Dr. Drs. Senawi, MP menuturkan, Gemastik 8 Tahun 2015 diikuti oleh 4.087 tim yang terdiri dari 166 perguruan tinggi seluruh Indonesia. Setelah melakukan tahap seleksi, finalis lomba terdiri dari 101 tim dari 27 perguran tinggi. “Kondisi ini lebih baik dari Gemastik 7 tahun lalu yang hanya meloloskan 21 tim,” ujar Senawi. (purel/EAD)

Share on: | | | |