Kurikulum 2015 Berorientasi Wawasan Global | Telkom University

Kurikulum 2015 Berorientasi Wawasan Global

BANDUNG, TEL-U – Dalam hitungan hari kita akan menjumpai tahun 2015. Rektor Telkom University, Prof. Mochamad Ashari, M.Eng.,PhD mengabarkan bahwa kurikulum 2015 akan diwarnai dengan nuansa baru, yakni kurikulum yang berorientasi dengan wawasan global. Hal itu disampaikannya pada “Rector’s message for 2015 and Open Discussion” yang digelar Ruang Multimedia, Gedung Bangkit Lt. 2, Selasa (23/12).

“Tahun 2015 nanti kita akan menyusun kurikulum baru. Dalam kurikulum tersebut kami memberikan mata kuliah wajib yang berorientasi ke masa depan untuk seluruh mahasiswa. Mata kuliah wajib itu di antaranya wawasan kehidupan global,” kata Ashari.

Selain wawasan kehidupan global, katanya, mata kuliah wajib lainnya yaitu wawasan teknologi informasi dan wawasan entrepreneurship. “Tiga komponen tersebut wajib dimiliki oleh mahasiswa. Wawasan kehidupan global membekali mahasiswa tentang bagaimana kehidupan di luar negeri. Sehingga jika mereka merantau ke luar negeri baik sementara maupun permanen, mereka sudah memiliki wawasan tersebut,” papar Ashari.

Kurikulum 2015, tambah rektor, harus memiliki kesesuaian atau compatibility. Yakni bagaimana kesesuaian pembelajaran dengan kebutuhan stakeholder. “Kurikulum 2015 juga harus memiliki kesesuaian dengan dunia internasional serta dengan sesama rumpun ilmu,” kata Ashari.

Tahun 2015 nanti Tel-U meningkatkan jumlah mahasiswa lulus tepat waktu dari 42 persen menjadi 52 persen. Diharapkan dengan kurikulum baru dapat meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di kampus ini.

“Rector’s message for 2015 and Open Discussion” merupakan rapat pimpinan (rapim) yang diselenggarakan setiap hari Selasa. Rapim kali ini sangat special, karena dimeriahkan oleh sajian hiburan kreatif yang disajikan oleh para anggota rapim. (purel/risca)

Share on: | | | |