Lulusan Tel-U Harus Siap Hadapi Perubahan | Telkom University

Lulusan Tel-U Harus Siap Hadapi Perubahan

BANDUNG, TEL-U –Rektor Telkom University Prof Ir Mochamad Ashari, M Eng, PhD mengingatkan para wisudawan untuk senantiasa siap menghadapi perubahan di tengah era digitalisasi ini. Hal ini disampaikan oleh Rektor di depan ribuan wisudawan yang didampingi orang tua mereka pada Sidang Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Magister, Sarjana, dan Ahli Madya Periode III Tahun Akademik 2015/2016 serta Dies Natalis III Telkom University yang digelar di Telkom University Convention Hall, Jumat-Sabtu (12-13 Agustus 2016).

“Kita mungkin tidak pernah membayangkan sebelumnya bagaimana perusahaan-perusahaan raksasa bertumbangan. Sebagian lagi tertatih-tatih menyusun strategi sambil berharap untuk masih dapat berdiri. Bak gelombang tsunami, perkembangan teknologi menyapu habis para pemain yang tidak siap melakukan perubahan,” ujar Rektor.

Rektor melanjutkan, sebelumnya sebagian dari kita tidak pernah membayangkan berbagai perusahaan transportasi terancam eksistensi bisnisnya akibat munculnya aplikasi aplikasi penyedia transportasi yang menghubungkan penumpang dengan pengemudi kendaraan sewaan serta layanan tumpangan. Begitu pula dengan yang terjadi pada sebagian besar perusahaan media massa.

“Saat ini mereka segera beralih atau melengkapi dengan media dalam jaringan (online) setelah melihat kolega mereka terpuruk dihantam datangnya media sosial yang menawarkan kecepatan, kemudahan aksesibilitas, dan sebaran content yang sangat luas ke tangan pemilik akun digital. Seiring dengan itu, kita pun tak mengira bagaimana dahsyatnya dampak sosial dan ekonomi yang kemudian muncul sebagai akibat dari perkembangan itu,” ujarnya.

Rektor mencontohkan, hari-hari terakhir ini terlihat jelas fenomena para pengguna telepon pintar (smartphone) yang memainkan aplikasi “Pokemon Go” dari kota besar hingga daerah-daerah yang selama ini belum terbayangkan akan menderita “demam” yang sama. Pro-kontra bermuculan, kata Rektor, merupakan reaksi yang wajar.

“Namun satu hal yang penting untuk kita catat adalah bahwa perkembangan teknologi telah mengubah wajah dunia begitu cepat. Pilihannya adalah kita ikut berubah atau memutuskan untuk tergerus oleh tsunami perubahan itu,” katanya.

Karena itu, Rektor mengingatkan, selepas kuliah dari Tel-U, para wisudawan harus terus menyiapkan diri menghadapi kemajuan teknologi. “Karena konsekuensi yang muncul dari pesatnya perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi, adalah perubahan yang begitu drastis dan akan sangat mencengangkan,” ujarnya.

Wisuda Periode III Tahun Akademik 2015/2016 ini mengukuhkan 1.267 orang lulusan Magister, Sarjana, dan Ahli Madya, yang merupakan lulusan dari 25 program studi, di antara 29 program studi pada tujuh fakultas di Telkom University. Hingga berakhirnya masa pendaftaran wisuda 22 Juli 2016, tidak kurang dari 100 orang (8%) lulusan periode ini menyatakan sudah bekerja dan 1.167 orang (92%) wisudawan siap mencari berbagai peluang kerja dan usaha. (purel/raf)

Share on: | | | |