Open Session and Trial ERP Simulation | Telkom University

Open Session and Trial ERP Simulation

Bandung Tel-U - Dalam suasana yang ceria dan kebersamaan antar dosen dari tiga fakultas di Telkom University yaitu Telkom Economic and Bussines School (TEBS), Telkom Engineering School (TESS) dan Telkom Applied Science School (TASS) mengikuti Open Session and Trial ERP Simulation yang diadakan oleh Telkom Professional Development Center (Telkom PDC) dan Monsoon Academy pada hari Rabu, 26 februari 2014 di Laboratarium Komputer TEBS Telkom University.

Acara dibuka oleh kepala departemen administrasi bisnis dan akuntansi Bapak Syarifuddin , Ir, MM. Beliau menyampaikan kegiatan enterprise resource planning (ERP) simulation seperti ini sangat bermanfaat bagi para dosen untuk meningkatkan kompetensi dalam model pelatihan yang memerlukan kerja sama antar dosen, karena pelatihan ini mensimulasikan layaknya sebuah perusahaan yang memiliki organisasi secara lengkap, dimana orang-orang yang berada dalam masing-masing organisasi tersebut harus bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan perusahaan, oleh karena itu, acara ini merupakan kesempatan bagi para dosen yang hadir untuk memanfaatkan pelatihan ERP simulation tersebut, yang nantinya bisa disampaikan kepada para mahasiswa di Telkom University.

Optimalkan Fasilitas Laboratarium Komputer

Dalam ERP simulation tersebut turut hadir Bapak Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Husni Amani, Ir., MSc. MBA yang memberikan sambutan dalam acara tersebut, beliau merasa gembira karena laboratarium komputer dimanfaatkan juga oleh para dosen, karena dari hasil pengamatan beliau banyak fasilitas laboratarium belum banyak dioptimalkan untuk kegitan-kegiatan dosen maupun mahasiswa seperti penelitian dan pelatihan. Beliau mendukung sepenuhnya dan berharap kegiatan seperti ini akan terus berlanjut.

Sidharta dari Monsoon Academy menjelaskan ERP itu sendiri adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan. Atau dengan kata lain ERP digunakan untuk mengelola seluruh aktifitas perusahaan termasuk keuangan, produksi, HRD, marketing, supply chain, logistics, dll. SAP adalah perusahaan yang memiliki pangsa pasar (marketshare) terbesar di dunia untuk software ERP dan ERP Simulation Games yaitu games simulasi bisnis untuk memahami konsep ERP secara umum. Diberikan dalam bentuk game simulasi market, dimana suatu perusahaan akan saling berkompetisi untuk memenangkan pasar.

Simulasi berlangsung selama kurang lebih tiga jam berlangsung sangat seru dan kompetitif. Dibagi menjadi 5 tim dengan nama perusahaan virtual yaitu SI dari Telkom Engineering School (TESS) lalu, Perusahaan Bela Negara, MATED, dan D2Y dari Telkom Economic and Bussines School (TEBS) dan tim TASS dari Telkom Applied Science School. Setiap tim bermain cukup serius tapi fun. Setiap tim memiliki strategi yang berbeda-beda untuk memenangkan kompetisi dalam mendapatkan margin yang besar. Simulasi diadakan per sesi, Dalam permainan ini disimulasikan berbagai departemen manajemen, mulai dari financial, logistic, manufacturing, business intelligence, maintenance, warehousing, transportation dan banyak lagi.  ERP Simulation Games dilanjutkan sampai setiap departemen terselesaikan. Games ini bisa di stop kapan pun selama Bapak Sidharta menjelaskan secara spesifik dan mendalam mengenai pengetahuan dari konsep proses bisnis.

Untuk setiap sesi, Bapak Sidharta menjelaskan tentang modul di setiap departemen yang isinya adalah strategi dan proses bisnis. Setiap virtual company dapat bereksperimen dengan menganalisa pengeluaran, perkiraan, dan pendapatan dalam perusahaan mereka. Dengan konsep tersebut maka Tim yang menjual produk dan mendapatkan profit paling besar dialah pemenangnya. Pada akhirnya didapatkan pemenang pertama dengan nama perusahaan “TASS” dosen dari Telkom Applied Science School.

Dalam penutupannya, kepala departemen administrasi bisnis dan keuangan, Syarifuddin, Ir. MM. menjelaskan bahwa paket Enterprise Resources Planning (ERP) simulation ini bisa dikembangkan ke case yang lebih komplek lagi, misalnya dimasukkan case adanya krisis ekonomi atau hal lain, baik faktor eksternal maupun internal yang real dilapangan dan biasa dihadapi oleh sebuah perusahaan.

Acara trial sekaligus Open Session ini diadakan Telkom PDC berkaitan dengan adanya gelaran acara selama tahun 2014 yaitu ERP Simulation Grand Prix 2014,  program kursus singkat yang dilombakan, dimana nanti 25 team dengan nilai “Profit Tertinggi” selama bulan Maret - November 2014, akan secara otomatis lolos ke tahap Semi Final, dan selanjutnya akan didapatkan 5 tim terbaik untuk mengikuti Final Grand Prix 2014. Dimana Hadiah utama untuk Final Grand Prix 2014 adalah Full Scholarship SAP eAcademy untuk seluruh anggota Winning Team, sedangkan total hadiah yang akan diperebutkan berjumlah lebih dari Rp 100 juta. Acara akan dimulai pada tanggal 8 maret 2014 di Telkom PDC Jl. Belitung no. 7 Bandung.(Tyas)

Fakultas Ekonomi & Bisnis

Share on: | | | |