Penemu Teknologi Standar ITU Kembangkan Teknologi 5G | Telkom University

Penemu Teknologi Standar ITU Kembangkan Teknologi 5G

BANDUNG, TEL-U – Penemu teknologi 4G untuk telekomuniksi, Dr Khoirul Anwar, saat ini tengah mengembangkan teknologi 5G dan 6G. “Saya harap tekhnologi 5G ini akan selesai pada tahun 2020 dan akan bisa kita rasakan pada tahun 2025 sedangkan teknologi 6G diharapkan selesai pada tahun 2030,” ujarnya.

Pernyataan ini disampaikan Dr Khoirul saat menjadi pembicara pada seminar ‘5G Future Wireless Technology’ di Gedung  Bangkit Lt.2 Ruang Multimedia Tel-U, Rabu (3/3).

Menurutnya, di negara-negara maju, teknologi telekomunikasi sudah semakin berkembang pesat. Setelah hadirnya jaringan generasi ke-4 atau yang biasa kita sebut 4G, kini perkembangan jaringan sudah sampai kepada 5G dan 6G.

Pada seminar yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Elektro Telkom University (FTE Tel-U), Khorul memaparkan KPI (Key Performance Indicator) dari 5G, bahwa 5G memiliki kapasitas 1000x dari kapasitas yang ada sekarang. “Dengan kata lain harus dibutuhkan menara -menara seluler atau tower seluler 5G yang banyak agar bisa diakses oleh masyarakat banyak,” ujarnya.

Pria asal Kediri yang menemukan teknologi 4G pada 2010 lalu ini juga mengingatkan kepada peserta seminar yaitu mahasiswa Tel-U agar bisa berfikir bahwa misinya adalah 5G dan 6G agar Indonesia bisa terus berkembang. “Semoga Indonesia bisa mencapai masa kejayaan nya di tahun 2045 dengan bisa menguasai banyak hal dalam bidang tekhnologi,” ucapnya.(purel/Nai)

Share on: | | | |