The 5th JBC Dukung Program 1001 Startup di Indonesia | Telkom University

The 5th JBC Dukung Program 1001 Startup di Indonesia

BANDUNG, TEL-U – Telkom University (Tel-U) kembali adakan kompetisi besar bertaraf nasional yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) SEARCH Telkom University dengan nama The 5th Java Business Competition (JBC).

Acara yang dibuka pada hari Jum’at 30 September 2016 di Aula Fakultas Industri Kreatif (FIK) Tel-U ini akan berakhir pada hari Minggu 2 Oktober 2016 di Bandung Indah Plaza (BIP).

Diikuti oleh 133 team dari 38 universitas di seluruh Indonesia, JBC merupakan acara tahunan ke-5 yang diadakan oleh UKM Search Tel-U, dengan total hadiah 50 juta rupiah, selain itu acara ini juga mendapat dukungan dari pemerintah provinsi Jawa Barat, sehingga juara umum pada acara ini akan memperoleh piala gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Dengan empat rangkaian lomba di antaranya Call for Paper, Entrepreneur Festival, Simulasi Bisnis, dan Debat Marketing, acara dibuka  dengan seminar nasional dengan pembicara Fransiska P.W Hadiwidjana (Founder, CEO Prelo Indonesia), Roymax Marihot Pandapotan (Marketing City Head Kota Bandung, Gojek Indonesia), dan Meirissa Farah Fhonna (Campus Relations & Community Manager Techinasia) dengan mengusung tema seminar Technopreneur Key Success.

Ketua panitia pada JBC ke-5 M Rynaldi Faisal Ak menceritakan alasan mengusung tema sekaligus memilih menghadirkan ketiga pembicara adalah agar para peserta seminar bisa memahami proses entrepreneur itu seperti apa, mulai dari membangun hingga menjalankannya. “Kami harap dari seminar ini para peserta bisa memahami proses sebuah entrepreneur, bagaimana membangun sebuah start up sampai menjalankan nya, dan disni kita berikan bekal itu,” ucapnya.

Aldy menjelaskan pada JBC ke-5 ini tema besar yang diangkat adalah "Optimalization Young Technopreneurs with Local Wisdom to Face Global Economic Challenge" di mana pada setiap cabang lomba akan dimasukan materi-materi tentang kearifan local.“Selain itu tema tersebut kita ambil sebagai dukungan proyek pemerintah tentang 1001 start up di Indonesia,” ucapnya.

Pada hari Minggu (2/10) berlangsung final di BIP dari ketiga kategori lomba yakni debat marketing, call for paper dan simulasi bisnis, sedangkan untuk entrepreneur festival akan menggelar pameran sekaligus persentasi.

Dari final tersebut dihasilkan juara umum yaitu Universitas Brawijaya (UB), dari lomba debat marketing dihasilkan Universitas Bisnis Nusantara (Binus) sebagai juara 1, Tel-U juara 2 dan Universitas Indonesia (UI) juara 3. Pada cabang lomba entrepreneur festival dihasilkan Universitas Ciputra pada Juara 1, Institut Tekhnologi Bandung (ITB) juara 2 dan Universitas Jember juara 3.

Untuk cabang lomba Call For Paper dihasilkan 3 paper terbaik yang pertama dari UI, juara 2 dari UB dan juara 3 dari Tel-U.Pada lomba simulasi bisnis juara 1 diraih oleh UB, dan 2 tim pada posisi 2 dan3 diraih oleh Tel-U.

Aldy menceritakan tujuan acara ini sendiri adalah untuk menunjukan kepada seluruh Indonesia bahwa Tel-U sudah menjadi universitas yang terkemuka di Indonesia dan punya acara besar seperti JBC yang diikuti oleh seluruh universitas di Indonesia.

“Saya berharap dari acara ini juga bisa menghasilkan technopreneur, tidak hanya sebuah ajang ceremonial tapi ilmu yang didapat baik dari seminar ataupun lomba bisa diimplementasikan untuk menghasilkan technopreneur bagi Indonesia” katanya. (purel/aw)

Share on: | | | |