Yahya Arwiyah: Ilmu Public Speaking Harus Kita Kuasai | Telkom University

Yahya Arwiyah: Ilmu Public Speaking Harus Kita Kuasai

Bandung, Telkom University - Digital Public Relations merupakan salah satu program studi baru di Telkom University tahun ini. Berada di naungan Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB), program studi Public Relations diharapkan mampu mencetak lulusan yang memiliki kemampuan public speaking. 

Untuk memberikan semangat mahasiswa baru di awal semester ini FKB mengadakan acara Speak Your Mind, yang bekerjasama dengan GIV Body Wash dan Kompas TV pada Kamis, (7/9) di Aula Gd. Intata Telkom University.

GIV Body Wash Speak Your Mind merupakan acara yang dirancang khusus untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam hal ini mahasiswa untuk mampu dan berani mengemukakan pendapatnya.

Wakil Rektor IV, Yahya Arwiyah yang turut menghadiri acara ini mengungkapkan bahwa ilmu public speaking perlu di pelajari.

"Public Speaking salah satu permasalahan yang hinggap pada diri setiap orang. Kegiatan seperti ini perlu kita apresiasi. Untuk membuat orang lain mengerti apa yang kita sampaikan, ilmu public speaking harus di pahami dengan sebaik-baiknya. "

Acara ini juga dihadiri oleh Jurnalis dan Presenter Kompas TV berpengalaman yaitu, Timothy Marbun dan Anastasia Praditha yang akan memaparkan informasi mengenai public speaking berdasarkan pengalaman.

Sebagai presenter Timothy Marbun menyadari kesulitan seseorang dalam berbicara di depan publik. Beliau juga menjelaskan bahwa public sepaking pada dasarnya bisa di latih.

"Saya menyadari bahwa tidak semua topik kita sukai, jika kita kurang tertarik dengan suatu topik terkadang sulit untuk menjelaskan. Maka dari itu, sebagai public speaker kita dituntut untuk memahami materi/topik sebelum menjelaskannya ke khalayak luas. Jika kita kurang memahami, bagaiamana orang lain bisa yakin dengan apa yang kita sampaikan."

Acara dilanjutkan dengan penampilan para finalis News Anchor Competition yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Kota Bandung. Kompetisi ini merupakan bentuk nyata agar para mahasiswa memiliki keahlian dalam melaporkan berita.

Share on: | | | |