13 Mar 2014

Mahasiswa Tel-U Tampil Seru Ikuti Seminar Bersama Kompas

BANDUNG, TEL-U – Ada yang berbeda dengan aula Gedung Fakultas Industri Kreatif, Telkom University Rabu (12/3) siang. Ruangan yang berada di lantai empat itu hampir penuh sesak dengan kehadiran tidak kurang dari 500 mahasiswa yang datang dari berbagai fakultas. Mereka antusias ikut acara seminar bertema “Lego ergo scio (saya baca maka saya tahu)” yang digelar harian Kompas bekerjasama dengan Telkom University.

Selama lebih dari dua jam, mereka menyimak paparan Radaktur Kompas, Muhammad Bakir, yang tengah berbicara di atas panggung didampingi Wakil Rektor IV Bidang Penelitian & Kemahasiswaan, Dr. M. Yahya Arwiyah, SH., MH. Kedua pembicara ini tampil pada sesi pertama sebelum makan siang. Adapun sesi kedua seusai istirahat, fotografer senior yang namanya sudah tidak asing lagi, Arbain Rambey tampil berbagi pengalaman dengan para mahasiswa.

Acara ini sebenarnya bukan yang pertama kali digelar Kompas. Tahun lalu, acara serupa diadakan di sejumlah kampus di tanah air. Namun yang berbeda dari penyelenggaraan tahun ini, Kompas juga menyambangi kampus Telkom University sebagai bagian dari program mereka.

“Kami ingin mengkampanyekan pentingnya membaca karena selama ini kami lihat masyarakat kita masih kurang dalam hal ini. Karena itu kami menghadirkan pembicara yang sudah sukses dan ingin berbagi dengan teman-teman mahahiswa tentang bagaimana membaca menjadi bagian dari hidup mereka,” ujar Fifi dari Kompas.

Muhammad Bakir, salah seorang pembicara membagi pengalamannya sebagai jurnalis. Dia mengaku membaca merupakan hal yang sangat penting dan menjadi modal besar bagi karirnya. “Banyak hal yang bisa saya dapatkan dari membaca yang kemudian menjadi awal pengetahuan saya untuk menggali informasi yang akan saya bagikan kepada pembaca,” ujar Bakir.

Bakir berharap mahasiswa Telkom University juga membiasakan diri dengan kegiatan membaca dan tidak membeda-bedakan buku apapun. “Jangan menyamakan membaca dengan belajar karena jika demikian maka kalian akan merasakan membaca sebagai beban,” katanya.

Pada sesi tanya jawab mahasiswa pun tak mampu menyembunyikan antusiasme mereka. Para peserta bertanya tentang buku hingga tips menghilangkan kebosanan membaca serta cara untuk membangkitkan minat baca. Agar menambah keseruan, Kompas membagi door prize kepada para peserta serta tentu saja sertifikat.

Acara bertema “Lego ergo scio” ini akan digelar puncaknya pada Minggu (23/3) mendatang di Bale Pare, Kota Baru Parayangan Kabupaten Bandung Barat. Rencananya acara akan dimeriahkan oleh perwakilan setiap kampus dan diramaikan oleh bintang tamu Mira Lesmana dan Soleh Solihun dengan Special Performance Payung Teduh. (KomPro/raf)