Bandung Techno Park Raih Anugerah Widya Kridha

BANDUNG, Telkom University –  Bandung Techno Park (BTP) menerima penghargaan Anugerah Iptek Widya Kridha Tahun 2017 dari pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Penghargaan ini langsung diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, pada Kamis (10/8) dalam puncak perayaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang dipusatkan di Makassar tanggal 10 Agustus 2017. Anugerah Widya Kridha merupakan anugerah untuk mengapresiasi prestasi lembaga non-pemerintah dan kelompok masyarakat atas dedikasi dan kontribusinya dalam  penguatan inovasi di masyarakat.

Dasar penilaian Anugerah Iptek Widya Kridha meliputi  kualitas perencanaan dalam menggerakkan dan mendukung inovasi; kapasitas SDM atau kompetensi dalam mendukung inovasi; infrastruktur, sarana prasarana, dan metode kerja; pembinaan dan penguatan budaya inovasi; sistem informasi atau dokumentasi; dan hasil inovasi.

Bandung Techno Park yang diresmikan oleh Menteri Perindustrian pada 19 Januari 2010 berada di Kawasan Pendidikan Telkom, Bandung Selatan. BTP merupakan lembaga yang berperan sebagai intermediator dan pembangun sinergi antara Academic, Business, dan Government atau biasa dikenal dengan Triple Helix A-B-G. Dalam perjalanannya, BTP juga berperan dalam memfasilitasi Riset dan Pengembangan Produk, Inkubasi dan Akselerasi Startup, Industrial Cluster, serta melayani Solusi Teknologi, Pelatihan dan Konsultasi. Sinergi dan dukungan Telkom University dan lembaga-lembaga di bawah Yayasan Pendidikan Telkom semakin memperkokoh positioning BTP.

Saat ini BTP yang dipimpin oleh Prof. Dr. Adiwijaya bertekad untuk menjadi Good Corporate Governance dengan mengimplementasikan  nilai budaya Solid, Inovatif, dan Sustain. BTP memiliki sumber daya manusia yang kompeten  dan beberapa infrastruktur yang berdiri di atas kawasan seluas 5,5 hektar, seperti: Management Center, Business Center, Startup Center, dan Innovation Center berupa fasilitas laboratorium dan perangkat  hardware dan software. Pembentukan budaya inovasi di lingkungan BTP dilakukan dengan pembentukan klaster industri berbasis inovasi, research & business secara berkelanjutan, dan mengembangkan startup di bidang teknologi informasi. Beberapa hasil inovasi yang sudah dikomersialisasikan dan digunakan oleh masyarakat antara lain Studia (e-learning Platform),  LoraID (Long Range Identification System) – Presence Management, Pentesting (Penetration Testing), Pilkada CAKEP (Cepat Akurat Kredibel Efektif Profesional), Mobile Presence System, Production Line Counter, Automated Guide Vehicle, Mobitick (Bus Ticketing System), uKit (Microcontroller Training Kit), Posture Check, Knowledge Management System, Dashboard Monitoring System, dan lain-lain

Adiwijaya berharap bahwa penghargaan yang diterima Bandung Techno Park ini, tidak hanya menjadi kebanggaan saja tetapi juga menjadi tanggung jawab dalam mengemban amanah untuk penguatan inovasi demi tercapainya percepatan pertumbuhan ekonomi kawasan  dan pencapaian daya saing bangsa Indonesia.

-Fika (Bandung Techno Park)-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *