05 Mar 2018

Adu Kompetensi Cyber Security di ICS2C Telkom University

Bandung, Telkom University – Fakultas Informatika (FIF) Telkom University menyelenggarakan event bertajuk Internet & Cyber Security Seminar Competition (ICS2C) untuk pertama kalinya pada tahun 2018. Acara ini fokus pada kompetisi cyber security yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Seperti yang diungkapkan oleh Dekan FIF, Dr. Mamam Abdurohman, sekitar belasan Pergurun Tinggi besar ikut serta di kompetisi ini. Dari 130 pesta terpilih 15 peserta yg masuk grand final.

“Jumat lalu (2 Maret) telah dilaksanakan grand final, pemenangnya akan di umumkan nanti siang di akhir seminar ini. Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Telkom, Yayasan Pendidikan Telkom, Kementrian Koordinator Polhukan, Kominfo, dan seluruh pimpinan yang hadir.” ungkapnya.

Rektor Telkom University, Prof. Mochamad Ashari kompetensi mahasiswa di bidang ini menurutnya cukup penting, khususnya bagi yang berminat masuk ke industri terkait.

“Acara ini merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun Telkom Unviersity ke-5 yang akan jatuh pada 14 agustus 2018. Di kampus ini segala sesuatunya berbasis ICT dan Digital. Sehingga kemanan di bidang internet tentu menjadi concern kami. Kompetisi seperti ini bisa menelurkan SDM berkualitas yang bermanfaat bagi bangsa dan negara” ungkapnya.

Deputi VII Bidang Komunikasi, Informasi dan Aparatur (Kominfotur) Kemenko Polhukam, Marsda TNI Suwandi Miharja M.P.D mengharapkan kompetisi ini bisa rutin diselenggarakan.

Saya tentunya berharap kegiatan seperti ini bisa terus diadakan. Hal ini bisa membantu Akademisi, Industri, pemerintah dan pihak yg bergerak di bidang ini untuk mampu meningkat kompetensinya. Melalui acara ini pikiran jernih kreatif bisa di mobilisasi secara produktif. Juga mampu menangani serangan cyber yg marak sekarang ini. Semoga dengan ini bisa mendapat SDM untuk menggawangi bidang ini.