15 Feb 2021

Alumni Sharing Entrepreneur 1.0

BANDUNG, Telkom University – Telkom University melalui Direktorat Pengembangan Karir, Alumni dan Endowment mengadakan acara Alumni Sharing Entrepreneur 1.0 dengan tema ‘Social Media as a Creative Platform’. Acara ini diselenggarakan pada Kamis (12/02) secara daring melalui ZOOM Meeting dan disiarkan langsung pada kanal Youtube Tel-U CAE.

Dr. Dida Diah Damajanti selaku Wakil Rektor Bidang Admisi, Kemahasiswaan dan Alumni Telkom University memberikan sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa Alumni Sharing ini sesuai dengan visi Telkom University yaitu menjadi Research and Entrepreneurial University tahun 2023 yang berperan aktif dalam pengembangan teknologi, sains dan seni berbasis teknologi informasi.

“Kami sangat mendukung mahasiswa dan alumni yang ingin berkarir di dunia entrepreneurial dan semoga acara ini bisa menginspirasi kita untuk mulai merintis dan berkarir mengembangkan bidang entrepreneurial dan bahkan dapat berkontribusi terhadap bangsa ini,” ucapnya.

Dr. Dida menambahkan bahwa dengan mengangkat tema ‘Social Media as a Creative Platform’ ini mampu membuat kita belajar untuk mengelola data dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Social Media juga dapat kita gunakan untuk memberikan solusi pada permasalahan yang ada terutama dalam bidang entrepreneurial.

Acara ini menghadirkan dua pembicara yaitu Rio Garia Aprilio selaku Owner @erji.id & Content Creator dan Galih Mandala selaku Art Director & Content Creator. Rio mengatakan bahwa social media merupakan salah satu wadah kreatifitas bagi generasi muda untuk bisa maju dan berkembang terutama di masa pandemi seperti saat ini.

“Penggunaan internet dan social media setiap tahunnya terus meningkat, apalagi saat pandemi ini. Hampir semua hal yang biasa kita lakukan secara langsung, sekarang dilakukan secara online dan digital. Sehingga kita bisa mencari peluang di sana,” ucapnya.

Rio menjelaskan bahwa setiap orang adalah content creator pada social medianya masing-masing. Content Creator merupakan orang yang berprofesi untuk membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar maupun suara.

Content Creator bertugas untuk mengumpulkan ide serta data, kemudian melakukan riset untuk membuat konsep untuk dijadikan sebuah konten. Setelah itu, mereka akan menghasilkan konten yang sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan untuk memenuhi sebuah tujuan yang disepakati dari sebuah konten,” ucapnya

Rio juga menambahkan bahwa untuk membuat sebuah konten, seorang creator harus dapat mengenai diri sendiri terlebih dahulu untuk dapat membuat konten yang kreatif dan segmented. Konten juga harus dibuat secara original dan terkonsep sesuai storyline sehingga membuat orang ingin berkomentar dan membagikan konten tersebut kepada orang lain.

Galih Mandala selaku Art Director & Content Creator juga menjelaskan bahwa selain content creator, ada profesi lain yang berkaitan dengan social media salah satumya yaitu Influencer. Influencer adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk memengaruhi orang lain dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian suatu produk. Hal ini karena influencer memiliki otoritas dan hubungan yang mendalam dengan pengikutnya.

Influencer marketing ini banyak digunakan oleh brand-brand besar di Indonesia, sehingga influencer marketing menjadi suatu fundamental dari digital marketing. Di situlah pentingnya para pebisnis untuk memahami digital marketing seperti ini,” ucapnya.

Galih mengatakan bahwa di masa pandemi ini, kita tidak hanya melihat suatu keterbatasan melainkan peluang besar yang bisa kita dapatkan. Kita dapat menciptakan terobosan-terobosan baru untuk dapat bertahan di masa pandemi ini.

“Salah satu cara untuk bisa memanfaatkan peluang yang ada adalah dengan menjadi seorang content creator dan influencer. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya pengguna social media saat ini, kita bisa menghasilkan karya dan berinovasi sehingga mendapatkan income dan dapat lebih dikenal oleh banyak orang,” ucapnya.

Dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan mampu mendukung visi Telkom University dan menciptakan para entrepreneur muda serta kedepannya dapat terjalin kolaborasi yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia.

Previous Article Next Article

Tinggalkan Balasan