Indonesia memiliki lebih dari 30 provinsi yang dilengkapi dengan keberanekaragaman budaya yang dimiliki. Setiap provinsi memiliki ciri khas yang berbeda-beda mulai dari aceh hingga papua. Begitu pula dengan Tel-U, Universitas Swasta No 1 di Indonesia ini memiliki mahasiswa/i yang berasal dari hampir seluruh pelosok Indonesia yang tentu saja membawa kesenian dan kebudayaan yang beragam dari daerah masing-masing, sehingga terbentuklah berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berfokus pada bidang kesenian dan kebudayaan. Unit Kegiataan Mahasiswa (UKM) tersebut dapat dilihat pada deskripsi berikut :

  • UKM Bidang Kesenian

    • UKM Balon Kata
      •  UKM Balon kata merupakan UKM yang berfokus pada pembuatan komik. UKM ini memiliki kegiatan rutin yang dilakukan seperti mentoring dan kelas. Kegiatan tersebut meliputi pembinaan dan pemberian materi seputar membuat karya komik yang baik.
    • UKM Band 
      • UKM Band merupakan UKM yang berfokus pada pada bidang musik, khususnya musik modern. UKM ini menghimpun seluruh mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat dibidang musik serta membekali para anggotanya dengan kemampuan organisasi dibidang musik yang dapat berguna untuk mengasah kemampuan softskill para anggotanya. UKM ini memiliki kegiatan rutin yang dilakukan seperti UKM Fair, Open Mind, Audisi (Showtime), Graduation Day, Tribute Night, Coaching Clinic, Sharing Internal, Pembuatan Album Kompilasi, Launching Album Kompilasi dan Sidang Keanggotaan. 
    • UKM Bengkel Seni Embun
      • UKM Bengkel Seni Embun merupakan UKM yang berfokus pada bidang seni seperti musik, teater, tari, movie dan event organizer yang bertujuan untuk mewadahi bakat yang dimiliki oleh mahasiswa/i Tel-U dalam bidang kesenian atau talent. Setiap bidang memiliki kegiatan rutin yang berbeda seperti contohnya di bidang tari ini ada tari tradisional dan modern. Tari tradisional seperti tarian saman dan tari modern seperti Hiphop dan Sexy. Di bidang movie ada kegiatan membuat film yang dimana saat proses produksi anggota dapat memilih jobdesknya masing-masing dalam satu tim, bisa menjadi produser, cameraman hingga pemain (aktor/aktris). Dibidang teater ada kegiatan menampilkan drama. Dibidang event organizer ada kegiatan belajar membuat sebuah acara. 
    • UKM Eka Sanvadita Orchestra
      • UKM Eka Sanvadita Orchestra atau yang sering dikenal dengan ESO merupakan UKM yang berfokus pada bidang seni yaitu musik. UKM ini bertujuan untuk mewadahi bakat mahasiswa/i yang memiliki kegemaran bermain alat musik biola. Kegiatan rutin yang dilakukan UKM ini adalah mengadakan konser dan latihan rutin mingguan sesuai dengan divisi musik yang berbeda-beda.
    • UKM Forum Film Telkom
      • UKM Forum Film Telkom merupakan UKM yang menyelenggarakan kegiatan Sharing Session Penulisan Cerita dan Naskah Film. Sharing Session ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membangun dan melatih keahlian pembuatan naskah film juga menjaga hubungan baik dengan komunitas film di luar Tel-U. Kegiatan ini dihadiri oleh Pembina Forum Film Telkom Teddy Hendiawan dan para peserta yang berasal dari komunitas film di Bandung seperti UNPAD, ITB, UPI dan STSI. Untuk memeriahkan kegiatan ini, turut hadir para pembicara dari Traffic Light Pictures Crew, yaitu Lulu Fahrullah, Abdulah Gifar, dan Sofyana Ali Bindiar selaku script writer dalam berbagai hasil karya film pendek.
    • UKM Fotografi Telkom
      • UKM Fotografi Telkom merupakan UKM yang menaungi mahasiswa/i Tel-U yang memiliki minat terhadap fotografi. UKM ini bertujuan untuk menyatukan para pecinta fotografi, bersama-sama belajar dan memahami seluk-beluk fotografi. UKM ini memiliki kegiatan rutin hunting setiap minggunya untuk seluruh anggota UKM dengan tema hunting yang berbeda-beda. Selain untuk mendapat pengetahuan, hunting ini juga bertujuan untuk mempererat kekeluargaan UKM.
    • UKM Kesenian Bali Widyacana-Murti
      • UKM Kesenian Bali Widyacana-Murti merupakan UKM yang berfokus pada bidang kesenian Bali. UKM ini memiliki kegiatan rutin yang dilakukan adalah Dies Natalis yang merupakan acara tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 1992. Acara yang disuguhkan dari Dies Natalis ini merupakan bentuk apresiasi mahasiswa/i Tel-U di UKM Kesenian Bali Widyacana Murti dengan budaya Bali. 
    • UKM Paduan Suara Mahasiswa
      • UKM Paduan Suara Mahasiswa atau yang sering dikenal dengan Tel-U Choir merupakan UKM yang mewadahi mahasiswa/i untuk menyalurkan minat dan hobi mahasiswa/i Tel-U dalam bidang seni tarik suara dan tentunya untuk mencetak prestasi Tel-U di bidang non akademik. UKM ini sudah memiliki prestasi yang cukup membanggakan dengan menjadi juara di beberapa lomba paduan suara baik di tingkat nasional maupun internasional. Kegiatan rutin yang dilakukan UKM ini yaitu  mengisi kegiatan protokoler Tel-U seperti wisuda, sidang senat mahasiswa baru dan upacara. Selain itu untuk mengembangkan kualitas UKM ini rutin mengadakan latihan dan konser-konser baik internal maupun eksternal, selain itu juga aktif mengikuti lomba-lomba di tingkat nasional maupun internasional.
    • UKM Teater Titik
      • UKM Teater Titik merupakan UKM yang berfokus di bidang seni. UKM ini memiliki kegiatan rutin seperti berlatih teater, vokal, gerak tubuh, sastra, artistik, musik dan melatih kepercayaan diri untuk tampil didepan umum karena setiap bulan UKM ini mengadakan pentas kecil STADIUM (Saatnya Tampil Di Depan Umum) untuk menunjukkan hasil latihan dan mengadakan pentas akbar yang dilaksanakan setiap semester genap. Selain itu, UKM ini sering menerima undangan untuk tampil sebagai artis hiburan di beberapa event kampus dan mengadakan pentas besar yaitu “Bandung Art Collaboration” yang mengkombinasikan teater dengan orkestra.
    • UKM Sariksa Wiwana Sunda
      • UKM Sariksa Wiwaha Sunda atau yang sering dikenal dengan SAWANDA merupakan UKM yang berfokus di bidang seni. UKM ini sebagai wadah para mahasiswa/i Tel-U untuk menyalurkan ketertarikan dan bakat seni yang di miliki sekaligus melestarikan kebudayaan sunda di Tel-U. Kegiatan rutin yang dilakukan UKM ini adalah berlatih memainkan alat musik khususnya alat musik sunda seperti angklung, arumba dan kendang, berlatih tarian sunda seperti tari merak, tari jaipong dan tari kembang tanjung, UKM Fair, Open Mind dan kunjungan UKM. 

 

 

  • UKM Bidang Kebudayaan
    • UKM Betawie
      • UKM Betawie merupakan UKM yang bergerak untuk melestarikan budaya betawi di Tel-U. Kegiatan rutin yang dilakukan UKM ini adalah berkumpul setiap hari jumat malam, makrab, dan kegiatan lain yang dapat melestarikan budaya betawi seperti open mind, serah terima jabatan, holiday in jakarta,  manawie (malam regenerasi UKM Betawie), UKM fair, gathering kebudayaan betawi, mini festival budaya betawi dan pagelaran seni dan budaya betawi.
    •  UKM Djawa Tjap Parabola
      • UKM Djawa Tjap Parabola merupakan UKM yang bergerak untuk melestarikan budaya jawa di Tel-U. Kegiatan rutin yang dilakukan UKM ini adalah halal bihalal, UKM fair, ugrading, open mind, pagelaran kecil, opening parama budaya, pagelaran akbar paramabudaya dan berbuka puasa bersama.
    • UKM Hanguk Munhwa
      • UKM Hanguk Munhwa atau yang sering dikenal dengan HanHwa Tel-U merupakan UKM yang bergerak untuk perkembangan kebudayaan maupun dunia entertainment negara Korea Selatan. Kegiatan rutin yang dilakukan UKM ini adalah sharing mengenai kebudayaan korea selatan baik dari bahasa hingga dunia hiburan yang bertujuan sebagai media penyalur hobi dan ketertarikan terhadap kebudayaan dan dunia hiburan negara korea selatan. Selain itu, UKM ini juga mengadakan kelas rutin yaitu kelas bahasa, cover dan dance. Dalam kelas rutin ini dibentuk sebuah management untuk cover sing dan cover dance yang bernama HanHwa Entertainment yang berada di bawah naungan divisi culture HanHwa, dalam management ini para anggota benar-benar di latih dan di persiapkan untuk event-event dan kompetisi di luar kampus. Kegiatan lain yang dilakukan adalah running man versi Tel-U  yang merupakan cover dari program televisi ternama running man.
    • UKM Ikatan Keluarga Anak Riau 
      • UKM Ikatan Keluarga Anak Riau atau yang sering dikenal dengan IKRAR Tel-U merupakan UKM yang bergerak untuk mengenalkan budaya melayu, menjalin silaturahmi dan belajar bagaimana cara berorganisasi di Tel-U. Kegiatan rutin yang dilakukan UKM ini adalah pakcik, sosialisasi, malam keakraban, donor darah, bermadah bumi melayu (BBM), masak besame, IKRAR gateway, IKRAR family cup, IKRAR peduli sesama, awarding night dan bazar makanan. 
    • UKM Ikatan Keluarga Mahasiswa Asal Sumatera Bagian Selatan
      • UKM Ikatan Keluarga Mahasiswa Asal Sumatera Bagian Selatan atau yang sering dikenal dengan IKMASS Tel-U merupakan UKM yang bergerak untuk mengenalkan budaya sumatera di Tel-U. Kegiatan rutin yang dilakukan UKM ini adalah sosialisasi, malam keakraban dan lain-lain.
    • UKM Kalimantan
      • UKM Kalimantan merupakan UKM yang bergerak untuk mengenalkan budaya Kalimantan di Tel-U. Kegiatan rutin UKM ini adalah kopi darat (merayakan ulang tahun UKM Kalimantan), UKM fair, first meet dan open mind, kunjungan ke pemerintah pulau Kalimantan (Dinas pendidikan dan kebudayaan), food festival, mudik roadshow, latihan tari, futsal untuk laki-laki, malam keakraban yang dilaksanakan setiap tahun dan pentas seni kebudayaan asal Kalimantan yang bernama Benua Etam.
    • UKM Keluarga Besar Mahasiswa Sulawesi
      • UKM Keluarga Besar Mahasiswa Sulawesi atau yang sering dikenal dengan KBMS Tel-U merupakan UKM yang bergerak untuk mengenalkan budaya sulawesi di Tel-U. Kegiatan rutin yang dilakukan UKM ini adalah KBMS day, KBMS membaca, jaga sekre, fun sport, silaturahmi akbar mahasiswa sulawesi se-Bandung raya dan festival budaya sulawesi.
    • UKM Keluarga Besar Sumatera Utara
      • UKM Keluarga Besar Sumatera Utara atau yang sering dikenal dengan KBSU Tel-U merupakan UKM yang bergerak untuk mengenalkan budaya sumatera di Tel-U. Kegiatan rutin yang dilakukan UKM ini adalah sosialisasi, malam keakraban dan lain-lain.
    • UKM Nipponbunka-Bu
      • UKM Nipponbunka-Bu merupakan UKM yang bergerak pada minat terhadap jepang, seperti kebudayaan, kesenian dan permainan di negara Jepang. UKM Nipponbunka-Bu terdiri dari beberapa peminatan yaitu Daruma (kebudayaan jepang), DnA (design and art), Honnoukai (musik beraliran Anisong / J-Pop), Chameleon (cosplay and cover dance), TnT (toys and trading card), Vocality (produksi musik vocaloid and animasi MMD), dan Mochi.anima (animasi 3D). Kegiatan rutin yang dilakukan UKM ini adalah gathering setiap peminatan, mempelajari kebudayaan, kesenian dan permainan di negara Jepang dan mengadakan acara seperti Nihon No Matsuri, Mocallery, Voca No Hon, DnA Fest dan Stageplay.
    • UKM Himpunan Mahasiswa Lampung
      • UKM Himpunan Mahasiswa Lampung atau yang sering dikenal dengan Permala Lampung Tel-U merupakan UKM yang bergerak untuk memperkenalkan kesenian dan kebudayaan lampung di Tel-U serta sebagai wadah tempat berkumpulnya mahasiswa/i asal lampung untuk saling bertukar pikiran. Kegiatan rutin yang dilakukan UKM ini adalah latihan kesenian Lampung, pagelaran adat Lampung, mudik roadshow dan malam keakraban mahasiswa Lampung. 
    • UKM Samalowa Lombok Sumbawa
      • UKM Samalowa Lombok Sumbawa atau yang sering dikenal dengan SAMALOWA merupakan UKM yang dijadikan sebagai wadah kekeluargaan dan kekerabatan mahasiswa/i Tel-U yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Kegiatan rutin yang dilakukan UKM ini adalah malam keakraban, sosialisasi dan kegiatan lainnya yang dapat mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan sesama mahasiswa/i Nusa Tenggara Barat di Tel-U.
    • UKM Aceh
      • UKM Aceh merupakan UKM yang bergerak untuk mengenalkan budaya Aceh di Tel-U. Kegiatan rutin yang dilakukan UKM ini adalah malam kebudayaan Aceh. Malam kebudayaan Aceh adalah acara yang diselenggarakan sebagai apresiasi terhadap kebudayaan dan adat Aceh.
    • UKM Rumah Gadang Minang
      • UKM Rumah Gadang Minang merupakan UKM yang bergerak untuk mengenalkan budaya Minang di Tel-U. Kegiatan rutin yang dilakukan UKM ini adalah alek rumah gadang, rekruitasi angkatan muda dan rumah gadang olimpiade.