15 Mei 2020

Asah Kemampuan Berkomunikasi Bersama Voice Over Talent: Astrid Santoso

ZOOM – International Class Telkom University menggelar sebuah workshop berjudul Career 101: Armed Yourself with Communication Skills pada Jumat (15/5). Workshop ini bertujuan untuk mempersiapkan diri kita dan mempertajam kemampuan yang dimiliki khususnya pada keterampilan berkomunikasi.

Pembicara kali ini merupakan seorang Voice Over Talent, yaitu Astrid Santoso. Beliau telah memiliki banyak pengalaman di dunia Voice Over terlihat dari portfolio yang sudah banyak digunakan perusahaan/instansi ternama seperti Bandung Planning Gallery, PGN, PGAS Solution, DPMPTSP, Bank Jateng, PT KAI, dan masih banyak lagi.

Astrid juga berkiprah di dunia penyiaran radio, saat ini beliau merupakan announcer di Phi Radio Disdik Jabar. Melihat segudang pengalaman dan karirnya, Astrid Santoso dapat dibilang seorang spesialis di bidang komunikasi. Menariknya, beliau akan membantu sivitas akademika Tel-U untuk mempertajam skill di bidang komunikasi pada workshop ini.

Pada awal workshop, Astrid menjelaskan bahwa berkomunikasi merupakan elemen penting yang sangat dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan oleh siapa saja. Bagaimana kemampuan kita untuk bisa menyampaikan pesan dengan baik dan mudah dipahami, merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk menjalin kolaborasi dan melakukan persuasi yang baik.

Astrid juga memahami banyaknya mahasiswa yang terkadang gugup saat berbicara di depan kelas saat melakukan presentasi. Menurutnya hal tersebut wajar, dan sangat manusiawi.

“Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengontrol rasa gugup kita, setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda. Kalau saya pribadi adalah dengan mengalihkan perhatian sebelum melakukan presentasi, seperti menonton video lucu, bernafas dalam-dalam juga bisa membantu mengalirkan oksigen ke otak kita.” Jelas Astrid.

Antusias sivitas akademika Tel-U dalam mengikuti workshop ini begitu besar, terlihat dari jumlah peserta yang mencapai 90 participant di Zoom Meeting. Peserta berasal dari berbagai fakultas, menunjukkan bahwa sivitas akademika Tel-U berkeinginan untuk terus mempertajam keahlian berkomunikasinya.

 

 

Previous Article Next Article