12 Mei 2020

Ayo Buka Toko Onlinemu Sendiri!

BANDUNG, Telkom University – Telkom University (Tel-U) melalui Center of Learning & Open Education (CeLOE) di episode ke-4 pelaksanaan program High School Webinar Series, Selasa (12/5), akan membahas tema “Hobi Shopping Online? Ayo Buka Toko Onlinemu!” dengan narasumber Dr. Maya Ariyanti selaku Dosen Tel-U.

Dr. Maya sendiri merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Tel-U sekaligus Chair of ICT Based Management (IBM) Expertise Group. Acara yang diperuntukan untuk siswa SMA/SMK/Sederajat diseluruh Indonesia, dimana peserta nantinya akan mendapat e-certificate dan doorprize PIN pendaftaran mahasiswa baru Tel-U.

Dr. Maya menjelaskan, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini memberikan peluang yang sangat baik untuk menghasilkan uang, dimana dengan adanya perubahan teknologi akan memudahkan dalam menyalurkan hobi, karena pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar.

“Sudah banyak tokoh yang dari hobi nya bisa menghasilkan perusahaan besar, sebagai contoh Ahmad Zaky dengan Bukalapak, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim yang berhasil mendirikan Gojek atas dasar hobi nya naik ojek karena lebih praktis beraktifitas.” Ucapnya.

Melalui perubahan teknologi, Maya menambahkan bahwa fenomena ini juga membuka peluang pasar yang sangat luas melalui sosial media khususnya.

“Peluang kita dalam memasarkan product kita melalui sosial media itu sangat memudahkan kita, karena pasar yang kita miliki sangat luas dan beragam.” Ucapnya.

Dalam kegiatan ini Dr. Maya juga memberikan tips bagaimana memulai bisnis sendiri, Maya mengatakan bahwa untuk memulai bisnis sendiri, carilah keunikan dari produk yang ingin dijual, setelah itu tentukan pasar yang ingin dituju.

“Saat ini sudah beragam produk yang dijual, apabila kita ingin memulai bisnis, tentukan produk kita, dan apa yang special dari produk kita, itu harus membedakan produk kita dari yang lain, selain itu buat kemasan yang menarik, karena melaui kemasan itu memberi khas untuk produk kita, dan pasarkan produk kita sesuai dengan pasar yang kita tuju, manfaatkan marketplace dan media sosial yang ada itu memudahkan memasarkan produk kita.” Ucapnya.

Previous Article Next Article