22 Jun 2020

Berbagi Peluang Bekerja di MNC Group

BANDUNG, Telkom University – Telkom University (Tel-U) melalui Direktorat Pengembangan Career, Alumni & Endowment menggelar sharing alumni Telkom University MNC Group, bersama 2 alumni Telkom University yang telah bekerja di MNC Group.

Acara bertajuk Peluang Kerja di MNC Innovation Center Jakarta dan Bandung dalam Situasi New Normal, berlangsung secara live daring di Channel Youtube Telkom University dan Zoom aplikasi, Senin (22/6).

Dua alumni Tel-U yang hadir diantaranya adalah Annisa Rahmadhani (Section Head Digital Commercial MNC Media) sekaligus alumni Ilmu Komunikasi 2015 dan Ari Fajrianda Alfi (Mobile IOS Developer MNC Innovation Center Bandung) Alumni D3 Teknik Informatika 2013.

Pada acara ini Annisa dan Ari berbagi pengalaman tentang berkarir di MNC Group, Ari menceritakan bagaimana persiapan berkarir dalam bidang pengembangan perangkat lunak, ada beberapa konsep dasar yang harus dipahami, mulai dari konsep dasar algoritma, struktur data, jaringan komputer dan konsep dasar lainnya.

“Untuk persiapan jangan terlalu terfokus pada konsep-konsep web terbaru saat ini, karena kedepan pasti itu akan berkembang, tapi pahamilah konsep dasar yang sudah didapat selama kuliah.” Ucapnya.

Selain konsep dasar, Ari menjelaskan bahwa keterampilan yang harus dikuasai adalah keterampilan berkomunikasi, kepemimpinan, kemampuan bekerja secara tim, kemampuan memecahkan masalah, dan management waktu yang baik.

“Karena mau tidak mau dimanapun kita berkarir, kita pasti bekerja secara tim, maka dari itu bekerja secara tim itu tidak lepas dari komunikasi dan leadership.” Tegasnya.

Berbeda dengan Ari, Annisa menceritakan tentang bagaimana proses creative yang dibutuhkan untuk menghasilkan digital commercial di MNC Media. Untuk menhasilkan produk creative hal yang dibutuhkan adalah refrensi dan berfikir secara cepat dan inovatif.

“Saat menghasilkan produk yang baik dalam hal ini produk commercial yang diinginkan oleh client, hal creative yang diperlukan adalah memperbanyak refrensi, di era digital saat ini banyak refrensi bisa kita dapatkan, mulai dari youtube, intagram dan lainnya, dan lakukan inovasi yang baru.” Ucapnya.

Turut hadir dalam acara ini CTO MNC Group & COO MNC Innovation Center Yudi Hamka, dimana Yudi sangat senang bisa berkolaborasi dengan Telkom University, baginya, seiring dengan transformasi MNC menjadi digital, dibutuhkan SDM yang mumpuni untuk memenuhi hal tersebut.

“Kami tahu Tel-U salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang mengedepankan ICT didalamnya, oleh karena itu kami berharap bisa berkolaborasi dengan Telkom university, kami ingin memberikan fasilitas magang bahkan placemen untuk bergabung bersama MNC Group.” Ucapnya.

Rektor Telkom University Prof. Adiwijaya mengatakan suatu kebangga bagi Tel-U bisa berkolaborasi dengan perusahaan sebesar MNC, baginya kolaborasi ini akan sama-sama membantu keduabelah pihak untuk mengapai visinya masing-masing untuk kemajuan bangsa Indonesia.

“Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan MNC, karena proses digital yang ada di MNC ini menjadi peluang yang sangat besar untuk Tel-U, kami siap membantu MNC dalam mengembangkan perusahaannya melalui SDM yang kami miliki.” Ucapnya.