14 Aug 2018

Prestasi Gemilang Telkom University Dihari Jadi Ke-5

BANDUNG, Telkom University –  Dihari jadi Telkom University ke-5 yang jatuh tepat pada 14 Agustus 2018 Telkom University gelar acara Sidang Terbuka Senat Telkom University (Tel-U) dengan agenda wisuda ke-15 Magister, Sarjana, dan Ahli Madya Periode III Tahun Akademik 2017/2018 diselenggarakan pada Selasa (14 Agustus 2018). Sidang yang diselenggarakan di Gedung Benggala atau Telkom University Convention Hall (TUCH) ini mengukuhkan 1.248 wisudawan dari 31 program studi, di antara 31 program studi pada tujuh fakultas di Telkom University.

Setelah dilantik, para wisudawan akan bergabung dengan keluarga besar alumni Tel-U yang pada hari ini jumlahnya telah mencapai 38.246 orang dan tersebar di 31 negara, yaitu Amerika Serikat, Brazil, Australia, Selandia Baru, United Kingdom, Netherland, Swedia, Norwegia, Perancis, Jerman, Belgia, Polandia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Cambodia, China, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Nigeria, Nepal, Uzbekhistan, Tajikistan, dan Timor Leste.

Kepada para wisudawan dan wisudawati, Rektor Telkom University Prof Ir Mochamad Ashari MEng, PhD menitipkan pesan agar tidak puas dengan ilmu pengetahuan yang telah diraih selama kuliah di Tel-U. “Bisa jadi, ilmu pengetahuan yang telah saudara dapatkan selama menempuh studi di kampus ini hanya setitik modal yang harus Saudara kembangkan agar tidak saja Saudara bisa bertahan, tetapi juga mampu menjadi pemimpin masa depan,” ujar Rektor.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada orang tua mahasiswa sebagai salah satu pemangku kepentingan, Rektor Tel-U juga menjelaskan tentang perkembangan yang diraih kampus ini dalam tiga bulan terakhir.

Pendidikan tinggi di Indonesia sesuai dengan PP. No.60 Tahun 1999 memiliki tugas pokok yang disebut dengan Tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Telkom University salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang diresmikan pada tahun 2013 hingga saat ini terus meningkatkan kualitas nya dan tetap berpegang teguh akan tridharma perguruan tinggi.

Prestasi Institusi ditorehkan Tel-U dalam bidang penelitian dan sudah diakui secara dunia dimana pada awal Juli kemarin Tel-U meraih peringkat 1 SINTA (Science and Technology Index) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang bertujuan untuk mewujudkan kemandirian anak negeri dan mendorong kultur publikasi.

Usai meraih SINTA Award Tel-U mendapat pengakuan publikasi Jurnal Internasional melalui website resmi www.scimagojr.com.

Selain prestasi dalam publikasi Jurnal terindeks Internasional, pengakuan dunia juga diraih untuk website resmi Telkom University www.telkomuniversity.ac.id, dimana website Tel-U meraih peringkat pertama untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Nasional dari situs halaman resmi www.webometrics.info.

Selain webometric peringkat 1 dalam kualitas website diraih melalui website resmi 4ICU yakni www.4icu.org 4ICU atau 4 International Colleges & Universities merupakan suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar dalam 200 negara.

Dan yang paling baru diraih Telkom University adalah penghargaan Widya Padhi sebagai perguruan tinggi dengan inovasi terbaik (pengelolaan, produk perusahaan startup dan spin off terbaik) oleh Kemenristekdikti pada Juma’at 3 Agustus 2018. Dari 600 perguruan tinggi yang berpartisipasi, TelU berhasil menjadi “Top Three” setelah Institut Pertanian Bogor dan Institut Teknologi Bandung. Tel-U menjadi satu-satunya PTS yang masuk menjadi 3 besar.

Anugerah Widyapadhi bertujuan untuk mengapresiasi prestasi Perguruan Tinggi dalam membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi.

”Penghargaan ini tidak hanya memberikan kebanggaan, namun lebih dari itu penghargaan ini merupakan tambahan motivasi untuk bertekad melakukan upaya-upaya pencegahan penggunaan dan penanggulangan narkoba di lingkungan mahasiswa secara khusus dan di sekitar kampus secara umum,” kata Rektor.

Dalam acara wisuda kali ini, sebagai perayaan ulangtahun ke-5 Telkom University, Tel-U akan meluncurkan buku dengan tajuk “Dari Danau Bandung Menuju World Class University” yang akan dibagikan kepada seluruh wisudawan/i.

Buku ini akan berisi tentang sejarah pembentukan Telkom University dan cerita perjalanan Tel-U dalam 5 tahun kebelakang.