14 Jul 2020

BTP Menjadi Pusat Inovasi di Indonesia

BANDUNG, Telkom University – Pada puncak perayaan hari jadi Bandung Techno Park (BTP) yang ke-10, BTP sukses menggelar acara Seminar & Expo (BTP SaE) serta industrial gathering dengan tema “Towards Sustainable Science Techno Park” yang berlangsung di Gedung C BTP, pada Senin (20/1).

Sebagai bagian dari kampus Telkom University, BTP yang merupakan Sains Techno Park Indonesia yang memiliki visi untuk menjadi pusat inovasi dan kewirausahaan di bidang ICT, engineering, dan energy untuk menumbuhkan ekonomi local. Memiliki 3 peran utama yakni ; melakukan penelitian dan pengembangan, menumbuhkan dan mengembangkan startup berbasis teknologi (spin-off), dan menumbuhkan klaster industri atau menarik industri ke wilayah tersebut, sehingga ekosistem inovasi dapat benar-benar diwujudkan.

Pada pembukaan acara BTP SaE, Direktur IET Kementerian Perindustrian Republik Indonesia R. Janu Suryanto mengatakan bahwa BTP merupakan salah satu sains technopark yang dikelola langsung oleh Kemenperin, dan melalui BTP diharapkan banyak inovasi-inovasi muncul guna memajukan sektor perindustrian di Indonesia. Beliau menjelaskan, “Kami berharap Telkom University melalui BTP bisa terus menciptakan inovasi-inovasi dan solusi untuk bangsa ini, sehingga apa yang dihasilk an dari Telkom University dan BTP bisa turut memajukan sektor perindustrian Indonesia.”

Dalam acara ini juga berlangsung penandatanganan Memorandum Of Understanding yang berlangsung antara Telkom University dan Kementerian Perindustrian yang mencakup Tridharma Perguruan tinggi, yakni Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Rektor Telkom University saat meresmikan acara ini menjelaskan bahwa hadirnya BTP adalah sebagai jembatan dari akademisi dengan industry, karena tujuan research yang dikerjakan oleh sivitas akademika adalah untuk menjadi sebuah inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat. Beliau mengatakan, “Kami berharap disini kita bisa terus berinovasi dan menghasilkan produk-produkl yang dapat diunggulkan oleh bangsa dan memiliki manfaat seluas-luasnya untuk masyarakat”.

Rektor menambahkan bahwa kerjasama yang terjalin antara Telkom University dengan Kemenperin bisa menciptakan atmosphere baru untuk sivitas akademika, sehingga bisa terus berinovasi.