25 Feb 2020

BTP Talk : Pendanaan Starup melalui Fintech Lending dan Equity Croudfunding

BANDUNG, Telkom University Bandung Techno Park (BTP) sebagai pusat inkubasi inovasi startup yang terletak di kawasan pendidikan Telkom University menggelar BTP Talk dengan mengangkat tema sumber-sumber pendanaan starup, acara ini berlangsung  di Aula Gd. C, Bandung Techno Park, Kamis (6/12).

Direktur Bandung Techno Park periode 2018-2019 Dana Sulistyo Kusumo, Ph.D  menyampaikan bahwa pada tahun 2023 Tel-U memiliki target menjadi perguruan tinggi berbasis entrepreneurial University dan inovasi.

“Melihat target tersebut sudah menjadi sebuah kewajiban bagi seluruh sivitas akademika untuk ikut andil menciptakan warga akademik yang memiliki semangat berinovasi juga berjiwa entrepreneur.” ungkap Dana.

Pada acara sharing session ini, BTP mengundang seorang pembicara yaitu Riwin Mirhadi. Beliau merupakan kepala bagian edukasi dan perlindungan konsumen Otoritas Jasa Kuangan (OJK) Regional 2 Jawa Barat. Beliau memaparkan materi tentang alternatif pendanaan Starup melalui Fintech Lending dan Equity Croudfunding.

Riwin mengungkapkan ada beberapa metode baru untuk mengembangkan starup. pertama melalui fintech lending, yaitu mempertemukan pemberi pinjaman dan penerima pinjaman melalui jaringan internet. Kedua ada equity croudfunding, yaitu penawaran saham berbasis teknologi informasi.

“Dengan adanya dua metode diatas diharapkan dapat memberikan ruang bagi perusahaan perintis (starup) untuk memperoleh akses pendanaan dipasar modal.” Ungkap Riwin.