22 Feb 2018

Masuki Usia Ke-5, Telkom University Siap Bersaing Dengan Perguruan Tinggi Asing

Beberapa bulan lagi Telkom University memasuki usianya yang ke-5. Mempersiapkan hari besar tersebut sederet acara besar telah di persiapkan oleh panitia yang di bentuk khusus. Di dalam rangkaian 5th Anniversary ini terdapat beberapa International Conference dan di tutup oleh event utama yaitu Bandung ICT EXPO.

Peresmian Lustrum ini berlangsung pada Rabu (21/2) di Gd. Damar, Telkom University di barengi oleh Leader’s Talk oleh dua pembicara yaitu Qatar Ambassador To Indonesia. H.E. Ahmed Bin Jassim Al Hamar dan Indonesian Ambassador To Czech Republic, H.E. Dr. Aulia A. Rachman.

Leader’s Talk kali ini mengusung tema yang sedang hangat di perbincangkan di seluruh dunia, yaitu Disruptive Technology serta pemaparan kondisi Industri di Qatar dan Czech Republic.

Peningkatan institusi pendidikan di Qatar menjadi fokus utama mereka saat ini, tujuannya adalah untuk mampu bersaing dalam industri dan inovasi agar tidak terdisrupsi. Hal tersebut diutarakan oleh Ahmed pada presentasinya.

“Negara Qatar berencana untuk meningkatkan jumlah institusi beberapa tahun mendatang untuk meningkatkan tingkat pendidikan dan penelitian ilmiah untuk mencapai visi Qatar tahun 2030.” ungkapnya.

Menaggapi hal tersebut, Rektor Telkom University, Prof. Mochamad Ashari, mengungkapkan bahwa dunia pendidikan juga terkena disrupsi oleh universitas luar negeri yang rencananya akan masuk ke Indonesia. Peningkatkan kompetensi student body menjadi hal yang perlu segera dilakukan, profesionalisme perlu di tanamkan secara dini agar lulusan siap bersaing di industri.

“Tidak hanya industri, dunia pendidikan juga harus siap bersaing dengan perubahan sistem pendidikan ke depan. Kami (Telkom University) akan bekerja keras untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa mencetak lulusan yang profesional” ungkap Ashari.

Acara peresmian Lustrum ini dihadiri oleh beberapa perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Dosen, dan Staf. Sejumlah mahasiswa begitu antusias dengan tema yang di perbincangkan, tidak sedikit yang melontarkan pertanyaan. Jalinan kerjasama beasiswa atau Student Exchange antara Qatar dan Telkom University rupanya menjadi harapan para mahasiswa. Semoga hal tersebut bisa terealisasi.