28 Sep 1990

Sejarah IT Telkom

Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) sebelumnya dikenal sebagai STT Telkom yang merupakan sekolah tinggi pertama yang mengkhususkan diri dalam program studi Indonesia di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). IT Telkom diproyeksikan untuk mempersiapkan para ahli di bidang TIK, bisnis yang terampil dan berwawasan luas, dalam menanggapi tuntutan industri TIK yang berkembang pesat.

IT Telkom sebelumnya dikenal sebagai Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (STT Telkom). STT Telkom memprakarsai pembentukan kesadaran Ir. Cacuk Sudarijanto yang pada tahun 1990 ketika itu menjabat sebagai Direktur PT. Telkom akan menjadi perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi yang harus diimbangi dengan kesediaan sumber daya manusia yang berkualitas. Berangkat dari pandangan bahwa ia, yang oleh Economic Observer disebut sebagai Bapak Transformasi Telkom, mendirikan STT Telkom. STT Telkom meluncurkan yayasannya pada hari Jumat, 28 September 1990, di London Downstream Gegerkalong oleh Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi pada saat itu, Bapak Susilo Soedarman. Sejak didirikan, IT Telkom di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT).

Tujuan pendirian kampus ini sangat cepat untuk memenuhi kebutuhan para pakar di industri telekomunikasi. PT Telkom sangat tertarik dengan institusi tersebut, sehingga PT Telkom dan memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa bond tahun 1991 dan 1992. Adanya perubahan iklim di industri telekomunikasi dan dengan dimulainya PT Telkom memasuki era go public, maka program beasiswa dan ikatan massal dan kemudian mengakhiri STT Telkom menjadi perguruan tinggi yang mandiri.

Pada awalnya berdiri, kampus STT Telkom tersebar di tiga lokasi, yaitu Kampus-1 di Jalan Soekarno Hatta, Kampus-2 di Jalan Hilir Gegerkalong, dan Kampus-3 terletak di Jalan Haji Hasan Mustafa Penhollow. Pada tahun 1993, STT Telkom memiliki kampus sendiri di Jalan Telekomunikasi No.1, Terusan Buah Batu Bandung (lokasi saat ini), dan setahun kemudian semua kegiatan belajar mengajar terpusat di kampus baru. Pada tahun yang sama, Kampus STT Telkom diresmikan pada 24 Maret 1994 oleh Presiden Bapak Soeharto. Menempati lahan seluas 48 hektar, kampus STT Telkom memiliki fasilitas pendukung pendidikan yang baik dengan penataan lingkungan yang indah, sehingga proses pembelajaran berlangsung lebih kondusif.

STT Telkom meningkatkan bentuk organisasi menjadi Telkom pada 20 November 2007. Dalam proses penggabungan ke Universitas Telkom pada 2013, IT Telkom bertransformasi menjadi Fakultas Teknik (FT) atau Telkom Engineering School (TES). Selanjutnya, pada tahun 2014 Fakultas Teknik berkembang menjadi tiga fakultas, yaitu: 1). Fakultas Teknik Elektro (FTE), 2). Fakultas Rekayasa Industri (FRI) dan 3). Fakultas Informatika (FIF).