Bagaimana Kehidupan Sebagai Mahasiswa di Program Studi D3 Manajemen Pemasaran ?

Program Studi D3 Manajemen Pemasaran merupakan program studi yang menjalankan pendidikan vokasi di bidang Manajemen Pemasaran. Para peserta didik pada program studi ini dibekali dengan berbagai jenis pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang akan membentuk kompetensi mereka di bidang Manajemen Pemasaran, seperti: Strategi Pengembangan Produk, Teknik Penetapan Harga, Penentuan Distribusi Produk, Teknik Komunikasi Pemasaran, Perilaku Konsumen, Riset Pemasaran dan Layanan Konsumen. Disamping itu, terdapat mata kuliah pendukung yang dapat meningkatkan kompetensi maupun daya saing lulusan, yaitu: Literasi TIK, Bahasa Inggris, Aplikasi Perkantoran, Desain Grafis dan Kewirausahaan.

Dibandingkan dengan program studi sejenis lain, aspek Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan penciri utama program studi ini. Oleh karena itu, para peserta didik juga akan memperoleh berbagai kajian mengenai pemanfaatan TIK di bidang Manajemen Pemasaran.

Globalisasi telah mendorong beberapa perusahaan untuk memasarkan di luar negara asal mereka. Pemasaran internasional merupakan bagian dari strategi pemasaran perusahaan-perusahaan tersebut. Program studi ini didirikan atas tingginya kebutuhan industri akan lulusan ahli madya Manajemen Pemasaran yang profesional dan berintegritas tinggi. Pendidikan vokasi sendiri mengandung arti bahwa pendidikan yang diselenggarakan diarahkan pada penguasaan dan pengembangan keahlian yang dapat diterapkan secara langsung di dunia kerja, sehingga lulusan program studi diharapkan dapat dengan mudah diserap oleh industri.

Sebagai pendidikan kejuruan kampus utamanya prodi vokasi telah meningkatkan atmosfer akademik siswa dengan lebih konduktif dan mendorong siswa untuk melakukan seminar, lokakarya dan penelitian terapan di bidang pemasaran. Pihak kampus khususnya prodi selalu mendukung siswa dengan soft skill dan lebih banyak kompetensi seperti bahasa asing (bahasa mandarin dan Inggris), riset pemasaran terapan, keterampilan negosiasi dan interpersonal, keterampilan menjual dan kewirausahaan

Mata Kuliah apa saja yang di ambil di prodi Manajemen Pemasaran

Demi mendukung adanya cipta karya inovasi dalam pengembangan pemasaran yang berhubungan dunia professional, terdapat beberapa pokok mata kuliah wajib yang harus mahasiswa jalani dalam perkuliahan. Yaitu : Pemasaran Digital, Literasi TIK, Manajemen Operasi, Pemasaran Jasa dan Akuntansi.

Bagaimana Peluang Karirnya?

Menjadi seorang yang memiliki pemahaman dalam bidang Marketing dan proses sebuah manajemen pemasaran terdiri dari analisis peluang-peluang pasar, penelitian dan pemilihan pasar sasaran, pengembangan strategi pasar, perencanaan taktik pemasaran, dan pelaksanaan serta pengendalian upaya pemasaran. Pekerjaan tersebut meliputi hal-hal seorang marketing yang memiliki kemampuan dalam hal:

  1. Meneliti dan Memilih Pasar Sasaran
  2. Perencanaan Strategi Pemasaran
  3. Merencanakan Program Pemasaran
  4. Mengorganisasi, Melaksanakan, dan Mengendalikan Usaha Pemasaran