30 Jan 2018

Digipreneur 2018: Ajak Mahasiswa Asah Jiwa Usaha di Era Digital

BANDUNG, Telkom University – Sekarang ini dunia memasuki generasi yang erat dengan teknologi atau lebih dikenal dengan generasi milenial. Menurut William Strauss dan Neil Howe generasi milenial merupakan generasi yang dianggap spesial karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, apalagi dalam hal yang berkaitan dengan teknologi.

Tak terkecuali di Indonesia, jumlah penduduk yang mencapai 250 juta jiwa membuat Indonesia mampu menjadi salah satu negara yang paling berpengaruh di ranah maya (internet). Hal tersebut terlihat dari banyaknya content creator yang cukup gemilang di Youtube, misalnya.

Perubahan ini berdampak pada berbagai sektor, di usia yang cukup muda seorang milenial mampu memanfaatkan teknologi serta konten yang dibuat untuk mendapatkan penghasilan. Sehingga kemampuan entrepreneurship generasi ini sudah terasah sejak dini, perbedaan hanya ada pada platformnya saja.

Telkom University memahami betul hal ini, secara rutin seminar bertemakan milenial dan entrepreneurship terus di galakan seperti pada Selasa, (30/1) di Gd. Manterawu. Mengambil judul acara Digipreneur, acara ini merupakan seminar khusus bagi generasi milenial untuk mampu mengasah keterampilan entrepreneurship di era digital.

Pada sambutannya Rektor Telkom University, Prof. Ir. Mochamad Ashari mengungkapkan kemajuan teknologi ke depannya akan di kawal secara serius di kampus berbasis ICT ini, termasuk didalamnya pemanfaatan teknologi untuk berwirausaha.

“Kami melihat Digipreneur ada di masa depan. Mencetak lulusan terbaik yang mampu mengasah diri dan beradaptasi dengan teknologi salah satu tujuan kami. Tentunya dengan basis-basis entrepreneurship yang kita tanamkan sejak awal perkuliahan”. ungkapnya.

General Manager Youth Community, Ricky E. Panggabean pun sejalan dengan Rektor, “Kita harus involve di dalamnya dan mendapat kesempatan dari perubahan teknologi saat ini. Kami juga ingin mengajak anak-anak muda ini ikut ambil bagian di bidang ini.” pungkasnya.

Acara yang di gawangi oleh Career Development Center Telkom University bekerjasama dengan Telkomsel ini menghadirkan dua pembicara yang tidak asing lagi di generasi jaman now, yaitu Chandraliow (Youtuber) dan Keenan Pearce (Co-Founder Makna Creative). Keduanya sudah dikenal sebagai creativepreneur di Indonesia yang memiliki influence besar di kalangan anak muda, rasanya tepat jika untuk saat ini mereka menjadi tolak ukur sukses di bidang digital entrepreneurship.

Antusiasme mahasiswa Telkom University dalam acara ini begitu besar, terlihat dari jumlah peserta yang mencapai 500 orang. Setiap fakultas di Telkom University menyematkan mata kuliah entrepreneurship di dalamnya, karena selain mencetak lulusan yang siap diterima industri Telkom Umiversity juga membentuk jiwa usaha pada setiap diri mahasiswa.