05 May 2015

Bantu Nelayan Jual Ikan, “Pasar Laut” Jadi Jawara INDFEST 2015

BANDUNG, TEL – U – Satu lagi inovasi menarik dihasilkan oleh mahasiswa Telkom University: Pasar Laut. Sebuah inovasi yang memfasilitasi nelayan untuk menjual hasil tangkapannya langsung kepada pembeli. Inovasi ini sendiri berbentuk aplikasi dan website yang berbasis e-commerce.

Pasar Laut diciptakan oleh Tim Pasar Laut Tel-U yang beranggotakan tiga mahasiswa MBTI yakni Farid Naufal Aslam, Indraka Fadhlillah, dan Utari Octavianty. Aplikasi ini dilombakan pada kompetisi Industrial Festival (INDFEST) 2015 yang diselenggarakan oleh Univeritas Andalas, 20-23 April lalu. Tahun ini, kompetisi mengusung tema “Optimalisasi Potensi Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia”.

Menurut Farid, Pasar Laut bertujuan untuk memotong supply chain hasil tangkapan laut nelayan terhadap pengepul. “Karena kami melihat bahwa nelayan itu menderita karena harga ikan ditentukan oleh pengepul tanpa tahu harga ikan sebenarnya”, ujarnya.

Pasar Laut juga mendapatkan apresiasi yang baik dari para nelayan. Di hari kedua lomba, tim Laut menyempatkan diri untuk pergi ke kampung nelayan di kawasan Teluk Bayur dan menunjukkan aplikasi tersebut. “Menurut para nelayan, aplikasi ini memang diperlukan oleh nelayan karena selama ini mereka tidak bisa memperkirakan harga ikan. Semuanya dikendalikan oleh para penadah,” katanya.

Sebelum membuat aplikasi Pasar Laut, Tim Pasar Laut mendapatkan informasi bahwa Menteri Kominfo akan membuat program bagi-bagi smartphone kepada nelayan untuk memperkuat jaringan pinggir pantai. Menurut Farid, tim mereka sangat terbantu dengan adanya program tersebut dan punya dasar yang kuat untuk membantu nelayan. “Kita bukan hanya asal menyediakan aplikasi saja, tetapi pemerintah juga mendukung disitu”, ujarnya.

Untuk sosialisasi kedepannya, tim Pasar Laut berkerjasama dengan program Kelompok Minat Bisnis (KMB) yang diadakan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan. Bersama KMB tim Laut akan mendata nelayan di suatu daerah dan memberikan pelatihan untuk menggunakan aplikasi Pasar Laut.

Selain untuk menjual, aplikasi ini juga memberikan info kepada nelayan tentang harga ikan terbaru di seluruh Indonesia dan juga peralatan terbaru yang bisa digunakan oleh nelayan.

Atas keunggulannya itu Pasar Laut berhasil meraih Juara 1 Industrial Festival 2015 di kategori Indonesian Student Entrepreneurship Award (ISEA). Juara kedua diraih oleh UIN SUSKA Riau, dan juara ketiga diraih oleh Institut Teknologi Bandung. (Purel/EAD)

Previous Article Next Article

Leave a Reply