06 Jun 2016

Black Pearl dan Humpback Bawa Tim Roobics Juara

SURABAYA, TEL-U – Perjuangan Tim Robotik Telkom University (Tel-U) kembali berbuah manis. Kali ini melalui Eco-robot Black Pearl dan hybrid-robot Humpback, Tim Roobics Tel-U akhirnya meraih gelar juara tiga.

Dua robot ini dikembangkan oleh Hendriadi Mukri (Teknik Telekomunikasi 2013), Andri Dwi Septian (Sistem Komputer 2014), Eduardus Antoni Setyawan (Teknik Elektro 2014), Alyani Durrah Fauzan (Teknik Elektro 2014), Khikmah Nur Dwi Nofanti (Teknik Elektro 2013), dan Robby Yanuar Setiadi (Teknik Elektro 2014).

Pada babak perebutan juara 3, pertandingan berlangsung seru antara Tel-U dan Universitas Jember. Kedua tim sama-sama berhasil sampai di zona terakhir dan mengambil propeller dari eco-robot. Tetapi kedua tim sama-sama tidak berhasil menyelesaikan misi untuk memasang propeller pada pole di zona terkahir hingga waktu pertandingan habis.

Hanya saja Tim Roobics dari Telkom University lebih unggul waktu daripada Universitas Jember saat mengambil propeller dari eco-robot. Tim Roobics berhasil mengambil propeller dari eco-robot dengan waktu 1 menit 11 detik. Sedangkan tim dari Universitas Jember berhasil mengambil propeller dari eco-robot dengan waktu 1 menit 37 detik. Hal ini membuat Tim Roobics dari Telkom University berhasil meraih juara 3.

Ketua Tim Roobics, Hendriadi Mukri menuturkan, timnya mempersiapkan kedua robot tersebut secara maksimal demi mengikuti lomba ini. “Kami bekerja dari pagi hingga malam dan ini yang terbaik yang bisa kami berikan. Perjuangan kami terbayar dengan berhasil mendapat gelar juara 3 ini,” ujarnya.

Pada tahun ini, KRI 2016 diikuti oleh sebanyak 114 tim dari 52 perguruan tinggi se-Indonesia. Mereka merupakan hasil seleksi dari empat regional yang sudah dilombakan sebelumnya. Adapun kategori yang dilombakan adalah Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Beroda dan Berkaki, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), dan Ekshibisi Sepak Bola Beroda Indonesia (ERS­BI). (purel/EAD)

Previous Article Next Article

Leave a Reply