15 Apr 2014

Fakultas Baru, Nakhoda Baru, Semangat Baru

BANDUNG, TEL-U – Tuntas sudah penantian sebagian besar civitas akademika Telkom University yang selama ini menanti-nanti lahirnya empat “adik” baru. Ya, melalui proses “persalinan normal”, keempat adik itu sudah lahir dan keluarga besar Telkom University resmi punya tujuh fakultas.

Keempat fakultas baru itu adalah Fakultas Teknik Elektro (FTE) – (School of Electrical Engineering), Fakultas Rekayasa Industri (FRI) – (School of Industrial Engineering), Fakultas Informatika (FI) – (School of Computing), dan Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) –  (School of Communications and Business). Tiga fakultas pertama merupakan “adik” dari Fakultas Teknik yang selama ini dinakhodai oleh Teknik Ir. Ahmad Tri Hanuranto M.T.

“Ini adalah bagian dari proses panjang menuju masa depan yang lebih cemerlang karena pemekaran fakultas ini tidak dapat kita hindari jika kita ingin meraih hasil yang lebih baik,” ujar pria yang akrab disapa Pak AT itu saat memberi sambutan pada acara launching tiga fakultas baru di Gedung Serba Guna (GSG), Jumat (5/4) sore.

Mantan orang satu di Fakultas Teknik itu optimistis, pemekaran fakultas menjadi tiga fakultas baru tidak akan membuat fakultas teknik terpecah-pecah, bahkan sebaliknya akan semakin solid. Apalagi para nakhoda baru di tiga fakultas itu, menurut Pak AT, adalah orang-orang yang sangat dekat dengannya.

Lalu semangat seperti apa yang ingin ditularkan oleh para nakhoda baru itu?
Dekan baru Fakultas Teknik Elektro Dr. Ir. Rina Pudji Astuti M.T mengatakan ingin membangun sebuah sistem yang baik di fakultas yang dipimpinnya itu.

“Didukung oleh SDM yang baik yaitu mahasiswa, dosen yang semangat, serta tenaga penunjang yang baik pula, maka saya yakin akan tercipta excellence academic,” ujarnya. Tentu saja tidak ketinggalan keinginan untuk membentuk prodi baru juga masuk ke dalam program kerjanya.

Nakhoda lain, Dr. Ir. Dida Dyah Damayanti M.EngSC, tidak mau ketinggalan. Dipercaya menakhodai Fakultas Rekayasa Industri (FRI) – (School of Industrial Engineering), Dida bersemangat untuk membangun SDM yang berkualitas.

“Saya juga bersama-sama tim dosen akan melakukan perbaikan kurikulum, dan membangun kerjasama dengan sejumlah pihak lain terutama industri,” katanya. Pada tataran penelitian, Dida bertekad mendapatkan hibah internasional pada tahun ketiga kepemimpinannya.

Dr. Maman Abdurohman S.T., M.T, nakhoda Fakultas Informatika (School of Computing), juga tak mau kalah semangat. Dia sadar kalau dia bukan Superman yang sanggup menyelesaikan semua persoalan sendirian. Karena itu dia akan merangkul semua potensi di fakultas yang dipimpinnya untuk kemajuan Fakultas Informatika dan juga Telkom University.

“Saya sarus bersinergi dengan seluruh potensi yang ada, kita mulai dari yang ada hari ini. Saya ingin karya kita harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Tidak mau kalah dengan tiga fakultas baru itu, Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) –  (School of Communications and Business) pun sudah siap berkiprah. Meski “memisahkan diri” dari kakaknya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, namun Fakultas Komunikasi dan Bisnis ini sebenarnya bukan fakultas yang “benar-benar baru”. Karena fakultas yang dipimpin oleh Pelaksana Operasional Harian (POH) Dr. Jafar Sembiring ini sudah sering menorehkan prestasi.

Rektor Telkom University Prof. Ir. Mochamad Ashari,M.Eng., Ph.D optimistis kelahiran empat bayi ini akan memberi kontribusi terhadap kemajuan universitas. “Perubahan ini pun tidak akan berhenti di sini karena ada rencana lain seperti membuka Telkom University di kota lain di Indonesia,” katanya.

Selamat bekerja para nakhoda baru, di fakultas baru, dengan semangat baru!

Tujuh Fakultas di Telkom University:

1. Fakultas Teknik Elektro (FTE) – (School of Electrical Engineering)
Dekan Dr. Ir. Rina Pudji Astuti M.T.
Program Studi:
a. S2 Teknik Elektro Telekomunikasi
b. S1 Teknik Telekomunikasi
c. S1 Teknik Elektro
d. S1 Teknik Sistem/Teknik Komputer
e. S1 Teknik Fisika.

2. Fakultas Rekayasa Industri (FRI) – (School of Industrial Engineering)
Dekan Dr. Ir. Dida Dyah Damayanti M.EngSC
Program Studi:
a. S1 Teknik Industri
b. S1 Sistem Informasi

3. Fakultas Informatika (FI) – (School of Computing)
Dekan Dr. Maman Abdurohman S.T., M.T.
Program Studi:
a. S2 Informatika
b. S1 Informatika
c. S1 Ilmu Komputasi.

4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) –  (School of Economics and Business)
Dekan Ir. Dodie Tricahyono M.M., Ph.D
Program Studi:
a. S2 Magister Manajemen (MM),
b. S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI)
c. S1 Akuntansi

5. Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) –  (School of Communications and Business)
Pelaksana Operasional Harian (POH) Dr. Jafar Sembiring
Program Studi:
a. S1 Ilmu Komunikasi
b. S1 Administrasi Bisnis.

6. Fakultas Industri Kreatif (School of Creative Industries)
Dekan Agus Achmad Suhendra, Ir. MT
Program Studi:
a. S1 Desain Komunikasi Visual
b. S1 Desain Produk
c. S1 Desain Interior
d. S1 Seni Rupa Murni
e. S1 Kriya Tekstil dan Mode

7. Fakultas Ilmu Terapan (School of Applied Science)
Dekan Dr Teguh Widodo, SE, ST, MM.
Program studi:
a. D3 Manajemen Informatika
b. D3 Teknik Komputer
c. D3 Komputerisasi Akuntansi
d. D3 Pemasaran
e. D3 Perhotelan
f. D3 Teknik Telekomunikasi
g. D3 Teknik Informatika

(KomPro/raf)

Previous Article Next Article

Leave a Reply