17 Mar 2015

Internal Auditor Harus Mumpuni dan Berkarakter

BANDUNG, TEL-U – Penyelenggaraan internal audit harus ditunjang dengan internal auditor yang mumpuni dan punya kompetensi. Selain itu, penuh pengertian dan perhatian menjadi karakter yang wajib dimiliki oleh seorang internal auditor. Kendati gaya mengaudit seorang internal auditor bersifat informal, justru itulah tantangannya. Menurut trainer Beareu Veritas, Iman Mujib Ahmad, terkadang auditee cenderung kurang serius menanggapi internal auditor.

“Auditor harus memiliki pengetahuan, pendidikan, pengalaman dan keahlian. Selain itu, auditor harus memiliki karakter dan kepribadian yang baik,” kata Iman pada Pelatihan Internal Auditor ISO 9001:2008 yang berlangsung Senin (16/3).

Selain itu, jelasnya, seorang internal auditor harus ditunjang dengan etika yang baik. Bersikap adil, jujur tulus, sabar dan bisa memberikan informasi yang jelas. Internal auditor harus mempunyai wawasan luas. Sehingga internal auditor dapat memberi pandangan alternatif lainnya kepada auditee.

Pelatihan Internal Auditor ISO 9001:2008 berlangsung di gedung Bangkit lantai 2, Senin (16/3/2015). Pelatihan diikuti oleh perwakilan fakultas yang tergabung dalam gugus pengendali mutu di tingkat fakultas. Pelatihan berlangsung selama dua hari hingga Selasa (17/3). (purel/risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply