30 Nov 2018

Leader’s Talk: Tips Membangun Start Up Dari VP Engineering Tokopedia, Herman Widjaja

Bandung – Panggung leader’s talk kembali di gelar, kali ini Telkom University kedatangan seorang tamu istimewa yang merupakan mantan karyawan Google dan Amazon, dengan segudang pengalaman menarik untuk membantu mahasiswa membangun start up company pertama mereka.

Dia adalah VP Engineering Tokopedia, yaitu Herman Widjaja. Beliau hadir menyapa mahasiswa Telkom University pada Selasa, (27/11) di Aula Fakultas Ilmu Terapan (FIT). Membahas sebuah topik yang sedang hangat di era milenials ini, yaitu Start Up Company.

Herman, membagikan empat tips dalam membangun perusahaan start up. Ini di dapatnya dari pengalaman bertahun-tahun bekerja di industri teknologi. “

Pertama adalah bagaimana kalian harus fokus terhadap konsumen, kalian perlu memahami demografis target market kalian. “Produk atau jasa yang oke, tapi tidak sesuai target market ya susah laku juga” ungkapnya.

Kedua, para pengusaha start up dituntut untuk terus berkembang. Caranya adalah dengan menantag diri secara terus menerus, jangan pernah merasa puas terhadap sebuah pencapaian. Inovasi tiada henti, membuat perusahaan survive di tengah gempuran.

Ketiga adalah dengan menjalankan apa yang sudah direncanakan. “Konsep yang bagus tanpa realisasi ya percuma saja” tegas Herman. Setiap start up jangan pernah ragu merilis produknya karena merasa berbeda dengan pasar saat ini, bisa jadi anda adalah market creator.

Keempat adalah dengan membuat ekosistem yang baik. Untuk membantu menumbuhkan kualitas orang-orang disekitar kita, adalah dengan mulai dari diri kita sendiri. Lingkungan akan melihat dan menilai kita, kemungkinan besar akan mengikuti langkah kita juga. Leadership itu di bentuk.

Menutup acara ini, Herman berharap mahasiswa Telkom University bisa berkarya di industri digital. “Kita boleh saja bekerja dengan orang yang berbeda latar belakang pendidikan, selama visinya sama, kita bisa membangun team dan perusahaan yang kuat”

Previous Article Next Article

Leave a Reply