31 Dec 2013

Mahasiswa dan Dosen Tel-U Presentasikan KIDEA di IEEE International Conference

BANDUNG TEL-U- Mahasiswa dan dosen Telkom University (Tel-U)  mengikuti konferensi interanasional IEEE di bidang Teknik Industri dan Manajemen (IEEM). Adalah dosen Teknik Rekayasa Industri Warih Puspitasari dan  mahasiswanya Kholifatul Ummah, mempresentasikan risetnya KIDEA pada konferensi yang diselenggarakan di Swissotel Le Concorde Bangkok, Thailand, Selasa – Jumat (10-13/12/2013).

“Kidea adalah  aplikasi berbasis Kinect yang memberikan metode  interaktif dan komperhensif  terhadap penyandang keterbelakangan mental,”  kata Ifa, demikian Kholifatul akrab disapa.

Jelasnya, Kidea menerapkan cara   okupasional  melatih  saraf motorik  dengan penyesuaian  gerakan menggunakan Kinect. Kidea  memanfaatkan gesture, voice dan  face recognizing  pada teknologi Kinect. Tentunya, terapi  Kidea  dapat membantu menghemat biaya terapis sekaligus mempererat hubungan antara keluarga  dan penyandang keterbelakangan mental.

“Ada pengembangan baru dari Kidea. Kami menambahnya dengan fitur baru yakni fitur ‘Remember It’ . Fitur ‘Remenber It’   ini ditambahkan pada Kidea melatih daya ingat ”  sambung Ifa. Awalnya Kidea  dimanfaatkan sebagai komplementer terapi  untuk dipakai di rumah, namun kini  Kidea dapat diterapkan di sekolah. Kidea kini sudah diimplementasikan  di kurikulum SLBC di antaranya paada pelajaran komunikasi dasar, matematika dasar dan lingkungan sekitar.

Konferensi IEEM merupakan konferensi yang menghubungkan  peneliti dan praktisi  dari berbagai  cabang teknik  industri  dan manajemen rekayasa industri dari seluruh dunia. Di forum ini mereka  menyebarkan keilmuan untuk semua cabang teknik industri, informasi  mengenai penelitian terbaru  dan relevan dengan teori dan praktek. IEEM  diselenggarakan oleh perguruan tinggi terkemuka di Asia dan telah dihadiri oleh sekitar 500 peserta dari 50 negara setiap kalinya.- KOMPRO TEL-U/Risca

Previous Article Next Article

Leave a Reply