17 Jul 2014

Mahasiswa Fakultas Rekayasa Industri Ikut Student Exchange ke Korea

BANDUNG, TEL-U – Delapan mahasiswa Fakultas Rekayasa Industri (RFI), Telkom University ikut program Kumoh Institute of Technology (KIT) student exchange di Korea Selatan selama satu semester.

Mereka adalah Mahardiani Beningrum, Romyah Bighoiri Romy, Novalino, Valdy Septyano, Fauzan Ghifari, Randy Pradana, Samhuri Ikbal Pradana. Mereka adalah mahasiswa Program Studi Teknik Industri angkatan 2011. Sedangkan satu mahasiswa lagi, Fauzi Annisa adalah mahasiswa Program Studi Sistem Informasi angkatan 2011.

Menurut Mahardiani, selama disana mereka belajar dengan mahasiswa dari negara lain yang sama-sama mengikuri program student exchange ini dan sejumlah mahasiswa dari Korea. “Kami ada di sana sejak awal Maret hingga akhir Juni 2014,” ujarnya.

Novalino menambahkan, saat belajar disana ke-8 mahasiswa FRI ini tinggal di asrama yang disediakan oleh KIT. Dengan hidup bersama mahasiswa lain, kata Novalino, mereka bisa merasakan akulturasi budaya. “Misalnya, mengerjakan sesuatu harus cepat karena mengikuti tradisi masyarakat Korea,” katanya.

Walaupun tidak tinggal di kota besar, kata Romyah,  mereka merasakan hal yang berbeda seperti tata kota di sana didisain dengan sangat baik. “Alat trasportasi yang disediakan pemerintah setempat pun sangat memadai dan memudahkan masyarakat lokal maupun asing,” katanya.

Walaupun terkendala bahasa dan makanan, ke-8 mahasiswa ini mengaku menimba banyak ilmu, pengalaman serta pengetahuan selama di sana. “Kami belajar banyak hal baik dari para dosen, warga Korea serta mahasiswa student exchange yang berasal dari negara lain,” ujarnya. (purel/ijal)

Previous Article Next Article

Leave a Reply