14 Dec 2015

Mahasiswa Ikom FKB Pamerkan Iklan dalam “It’s Show Time”

BANDUNG, TEL-U – Mahasiswa-mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University (FKB Tel-U) angkatan 2012 menampilkan sejumlah hasil karya mereka yang kerjakan selama kurang lebih dua bulan terakhir dalam mata kuliah Produksi Iklan.

Berbagai karya itu ditampilkan dalam Kuliah Umum Produksi Iklan “It’s Show Time” yang digelar di Aula FKB, Rabu pekan lalu. Selain itu dalam acara ini diundang pula pembicara dari praktisi PR yakni Irwan Fakhruddin, seorang Managing Director dari advertising yang beliau dirikan sendiri.

Irwan menceritakan bahwa dunia advertising adalah profesi paling tua di dunia. Dia juga memaparkan bahwa dunia creative adalah hal yang menyenangkan namun memang tidak ada jam kerja yang pasti. “Creative bukanlah sebuah sebuah mindset melaikan sebuah skill.”ungkap Pak Irwan”.

Acara yang diselenggarakan di Aula Fakultas Komunikasi dan Bisnis ini dihadiri oleh mahasiswa/i seluruh kelas Markom angkatan 2012, dimana setiap kelas harus memberikan persentasi iklan baik itu di radio, TV, brosur dan media luar ruang.

Puncak acara dari kegiatan ini adalah menampilkan hasil karya dari tiap-tiap kelas markom 2012 mulai dari kelas A,B,C,D, E dan Mobility Class. Karya itu antara lain bertema Sedekah Bersama, yang mengajak penonton untuk menyisihkan sebagian hartanya bagi orang yang membutuhkan.

Ada pula iklan bertema Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Jawa Barat dan iklan bertema Museum Sri Baduga. Pada iklan museum ini pembuatnya mengajak warga Kota Bandung, terutama anak muda untuk mau datang ke museum karena datang ke museum bukanlah suatu hal yang kuno atau membosankan.

Setelah itu ditampilkan iklan bertema tentang AIDS, dimana pesan yang muncul adalah mengajak orang untuk tidak menjauhi orang yang hidup dengan AIDS melainkan menjauhi penyakitnya. Lalu iklan Mobility Class dengan tema Save Street Child, dan tema kekerasan pada anak.

Semua karya dan presentasi mahasiswa dinilai dan diberikan komentar oleh dosen mata kuliah tersebut yaitu Indra Pamungkas SS, MSi dan Silvi serta oleh Irwan Fakhruddin.Hasil penilaian memutuskan pemenangnya adalah Iklan bertema Museum Sri Baduga. “Iklan ini pas untuk mengajak masyarakat kota Bandung khususnya remaja untuk berkunjung ke museum,” ujar Irwan. (purel/AW)

Previous Article Next Article

Leave a Reply