02 Jun 2014

Mahasiswa Tel-U Harus Punya Jiwa Leadership

Bandung, Tel-U – Apa kunci sukses agar sarjana baru dapat diterima bekerja di perusahaan multinasional? Jawabannya tentu bisa beragam. Tapi, apa kunci sukses agar sarjana baru dapat diterima di perusahaan multinasional versi Hary Kapota?

Direktur Penjualan PT Beiersdorf itu menjelaskan, paling tidak ada empat kunci utama yang harus dimiliki para lulusan Telkom University jika ingin lolos bekerja di perusahaan multinasional. “Ada hal penting yang harus kalian miliki jika ingin diterima kerja di perusahaan multinasional, yaitu Kepemimpinan, Komunikasi, Kreativitas dan Team Work,” ujarnya saat berbicara di seminar bertajuk “Strategic Selling Seminar” yang digelar di Aula Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Rabu (14/05).

Menurutnya, kepemimpinan merupakan modal utama seseorang yang ingin serius berkarir di dunia bisnis. “Tanpa itu seorang pekerja tidak akan mampu menjadi pemimpin perusahaan,” katanya. Kepemimpinan ini tambah dia, didukung komunikasi dan kreativitas serta teamwork, seorang pekerja mampu mencerminkan kesuksesan dalam dirinya.

Menurut Hary, kualifikasi calon pekerja yang melamar di perusahaannya haruslah individu yang memiliki softskill dan rekam jejak yang positif. Baginya IPK 3,09 dengan IPK 3,90 adalah hal yang sama karena sama-sama IPK 3 dengan skala 4. “IPK hanya syarat administrasi agar CV kalian lolos seleksi administrasi. Di perusahaan saya, IPK 3,09 dan IPK 3,90 sama aja. Kalian tetap dapat lolos seleksi administrasi dengan IPK 3,09,” katanya.

Apalagi persaingan di dunia kerja makin ketat. Biasanya, para lulusan muda atau fresh graduate memburu bursa kerja sebagai sarana untuk melamar pekerjaan. Yang beruntung, bisa langsung dipanggil wawancara, yang belum beruntung bagaimana? Terpaksa berburu bursa kerja lagi di tempat lain.

Nah, kalian mahasiswa Tel-U yang ingin mencoba berkarir di perusahaan multinasional, sudah siapkah bersaing? (Purel/DH)

Previous Article Next Article

Leave a Reply