20 May 2014

Mahasiswa Telkom University Kembali Menjadi Google Student Ambassador

BANDUNG, TEL-U – Paras Muthia Bianda, Rakhmad Indrapermadi, dan Muhammad Mufid Luthfi tampak berseri-seri siang itu. Mereka terlihat gembira menyusul kabar yang mereka terima kalau mereka lolos seleksi menjadi Google Student Ambassador (GSA) 2014 angkatan ke-3.

GSA merupakan program yang dimiliki Google untuk menghubungkan perusahaan raksasa tersebut dengan perguruan tinggi di seluruh dunia. Melalui GSA, mahasiswa dari seluruh dunia dapat mempelajari lebih dalam tentang aplikasi dan produk Google, mengadakan acara yang bersifat menghibur dan mengedukasi di masing-masing kampus tempat GSA berasal. Adapun mahasiswa yang terpilih, menjadi perwakilan kampusnya untuk menjalin hubungan dengan Google.

“Saya ingin menjadi salah satu pengembang aplikasi dan program Google yang dapat diaplikasikan di Tel-U nantinya,” ujar Rakhmad. Sementara itu, Muthia lebih berharap mendapat banyak pengalaman dan menjalin relasi. “Kalau saya ingin mendapat pengalaman dan kenalan dengan mahasiswa lain dari luar negeri,” ujar Muthia. Keduanya adalah mahasiswa Teknik Informatika Fakultas Informatika (School of Computing) angkatan 2012.

Adapun Mufid lebih tertarik untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Bandung. “Saya tergabung dalam organisasi Google Business Partner yang mengembangkan program untuk UMKM, karena saya di Bandung jadi harapan saya juga dapat mengembangkan UMKM yang di Bandung,” papar mahasiswa Prodi Sistem Informasi Fakultas Rekayasa Industri (School of Industrial Engineering) angkatan 2012.

Tahun ini, Google Student Ambassador di Telkom University memasuki angkatan ke-3. Sebelumnya, Rosa Lestari Fardani, mahasiswa Teknik Informatika 2010 juga pernah menjadi GSA I pada tahun 2012. Selanjutnya pada tahun 2013 I Gusti Bagus Ady Sutrisna, mahasiswa Teknik Informatika 2011 dan Muhammad Taufik Ismail, mahasiswa Teknik Informatika 2010 merupakan GSA angkatan ke-2.

Mereka mengikuti GSA ini dengan tujuan yang sama yakni menerapkan Google Apps for Education di lingkungan Tel-U, mendatangkan narasumber dari Google dalam seminar-seminar serta update informasi mengenai program dan aplikasi terbaru dari Google kepada mahasiswa Tel-U.

Tahap selanjutnya, Muthia, Rakhmad, dan Mufid akan mengikuti Summit yang akan berlangsung tanggal 29 Mei – 2 Juni 2014 di Filipina. Selama empat hari mereka akan diberi pengarahan mengenai program GSA dan apa yang harus dilakukan mereka di kampusnya masing-masing. (Purel/DH)

Previous Article Next Article

Leave a Reply