13 Jan 2017

Mengkaji Proses Inovasi Sosial pada Social Enterprise, Hendrati Raih Gelar Doktor

BANDUNG, TEL-U – Dosen Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi dan Bisnis (FKB) Tel-U, Dr. Hendrati Dwi Mulyaningsih, S.E., M.M, berhasil meraih gelar Doktor bidang Science Management – Entrepreneurship di Institut Teknologi Bandung, Sabtu (7/1/2017). Hendrati meraih gelar Doktor dengan disertasi berjudul “Knowledge-Based Social Innovation Process Within Social Enterprise Toward Social Value Creation”.

Hendrati mengkaji fenomena social enterprise di Indonesia yang menurutnya menarik untuk diteliti, “Ketika saya belajar social entrepreneurship di Indonesia, saya sudah menemukan kalau fenomenanya ada tapi ilmunya belum berkembang. Itu menjadi peluang bagi saya dan merupakan research gap yang bisa saya isi,” katanya.

Menurutnya, social enterprise perlu menjalankan inovasi sosial dengan berlandaskan informasi eksternal agar mampu menciptakan program yang tepat sasaran serta nilai tambah bagi masyarakat. “External knowledge itu dari masyarakat. Kalau kita membuat program tidak sesuai dengan yang masyarakat inginkan jangan harap bisa membuat sebuah value. Jadi program sasaran tepat guna harus melibatkan masyarakat dari awal. External knowledge dari masyarakat itu penting untuk proses selanjutnya,” katanya.

Hendrati berharap penelitiannya bisa menginspirasi para peneliti lain terutama para peneliti yang akan meriset lebih lanjut tentang social entrepreneurship di Indonesia. Dari sisi praktis, saya harapkan ini akan bermanfaat bagi masyarakat. Untuk apa kita melangit kalau tidak bisa bermanfaat bagi orang lain”, tegasnya. (PR/ADN)

Previous Article Next Article

Leave a Reply