18 Aug 2015

Menteri Uji Coba Insinerator Pengolah Sampah

BANDUNG, TEL-U – Selain mengajak mahasiswa memberi contoh hidup sehat, Menteri BUMN Rini Soemarno juga melakukan ujicoba Insinerator Pengolah Sampah di kampus Telkom University (Tel-U), Minggu sore (16/8). Insenerator ini merupakan produk inovasi Bandung Techno Park (BTP) yang pernah diperkenalkan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada kunjungannya Januari silam.

Menteri Rini datang ke kampus Tel-U dalam acara Bakti Sosial Dalang Bersih (Daur Ulang dan Bersih Lingkungan). Acara ini merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri berkaitan dengan ulang tahun ke-70 RI.

Director of Innovation & Strategic Portofolio at PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Indra Utoyo menyebutkan insinerator merupakan wujud pemanfaatan teknologi tepat guna karena berbahan bakar solar dan air.

Menurut Indra, ada beberapa keunggulan insenerator di antaranya menggunakan bahan bakar air dan solar dengan perbandingan 1: 3. Ini berarti solarnya hanya 25 persen dari bahan bakar. Sehingga sangat efisien pada penggunaan BBM. “Alat ini menggunakan sistem continue dimana masukan sampah dan pembakaran bisa dilakukan secara terus menerus tidak seperti insenerator lain yang menggunakan sistem buka tutup,” kata Indra.

Ia menambahkan, hampir semua jenis sampah basah dan kering dapat dimusnahkan dalam ruang bakar 800-1200 derajat celcius menjadi 35 dari volume sampah. Kepada menteri Indra meyakinkan, bahwa alat ini ramah lingkungan dan telah lulus uji emisi. “Tidak menghasilkan asap yang beracun karena telah mengalami pembakaran sempurna,” katanya. (purel/risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply