18 Apr 2016

Para Praktisi TV Berbagi Kiat tentang Public Speaking

BANDUNG, TEL-U – Sejumlah reporter dan pembawa acara dari 10 televisi swasta yang menjadi anggota ATVSI berbagi kiat-kiat agar mahasiswa sukses menguasai Public Speaking. Kiat itu dibagikan antara lain oleh Retno Pinasti, Djati Darma, dan David Rizal (SCTV & Indosiar), Prita Laura (Metro TV), dan Andromeda Mercury (TVOne) dalam Seminar “ATVSI Perduli” yang diselenggarakan di Aula Fakultas Ilmu Terapan (FIT), Rabu (13/4).

“Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan saat berbicara di depan publik seperti faktor visual, ekspresi, postur, dan body language,” ujar Retno. “Untu memenuhi faktor visual, kita harus menyesuaikan dengan karakter program, tidak membuat fokus audiens teralih dari isi pembicaraan, serta unik atau bisa menjadi pencipta momen.”

Acara ATVSI Peduli ini dihadiri sekitar 1.500 mahasiswa yang datang tidak hanya dari kampus Telkom University (Tel-U) tapi juga dari sejumlah kampus di Kota Bandung dan sekitarnya. Mereka terlihat sangat antusias menyimak paparan dari para pembicara sekaligus aktif menjawab setiap tantangan yang diajukan para pembawa acara tersebut.

Pembicara lain, yakni Prita Laura, juga tak kalah menarik membicarakan tentang konten di media massa khususnya televisi saat ini. “Kehadiran media sosial mendorong siapapun untuk menjadi jurnalis warga yang dapat memberitakan peristiwa apa pun, kapan pun, dan dari mana pun,” katanya.

ATVSI beranggotakan sepuluh televisi swasta Indonesia, yakni RCTI, SCTV, Indosiar, MNC TV, ANTV, Metro TV, Trans TV, Trans 7, Global TV dan TV One. Selain para anchor itu, hadir pula pada acara ini Rektor Tel-U Prof Ir Mochamad Ashari MEng PhD, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Ketua Umum ATVSI, Dr Ishadi SK MSc, dan Sekretaris Jenderal ATVSI Suryopratomo. (purel/raf)

Previous Article Next Article

Leave a Reply