28 Mar 2016

Pemerintah Indonesia Sebaiknya Mulai Pertimbangkan Keamanan Saiber

JAKARTA, TEL-U – Pakar Information Security and Privacy, Oxford Internet Institute, University of Oxford, Prof Ian Brown mengimbau pemerintah Indonesia untuk mempertimbangkan dengan matang sejumlah faktor berkaitan dengan penerapan keamanan saiber (cyber security). Hal ini diungkapkan Brown dalam Seminar dan Workshop Cybersecurity Capacity, di Jakarta, Senin (28/3).

“Ada beberapa hal seperti mempersiapkan manajemen krisis dengan para pemangku kepentingan untuk memastikan persiapan respon insiden saiber nasional ini dikelola dengan baik,” ujar penulis buku Regulating Code itu.

Brown mencontohkan perselihan yang terjadi di antara pebisnis taksi konvensional dengan jasa transportasi berbasis aplikasi online yang terjadi di Jakarta beberapa hari lalu. Menurutnya, langkah penyelesaian yang dapat dilakukan adalah dengan mengumpulkan seluruh pemangku kepentingan yang ada untuk mendiskusikan dan mencari jalan terbaik. “Ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di negara-negara lain,” katanya.

Seminar dan Workshop Cybersecurity Capacity ini merupakan salah satu bagian dari kerjasama antara University of Oxford, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia serta Telkom Univerisity (Tel-U). Sebagai rangkaian kerjasama ini, sebelumnya telah diselenggarakan pula Forum Group Discussion (FGD). Diharapkan, hasil kerjasama ini akan menghasilkan sebuah Buku Putih (White Paper) tentang Keamanan Saiber di Indonesia. (purel/raf)

Previous Article Next Article

Leave a Reply