23 May 2016

Puji “Kejar Aurora” Ajak Tebarkan Kebaikan

BANDUNG, TEL-U – Memperingati Hari Buku Nasional 17 Mei 2016, Perpustakaan Telkom University (Tel-U) menggelar Open Discussion bertajuk “Yang Muda yang Peduli Pendidikan” di Ruang Audio Visual Gedung Bangkit Lt. 4 Perpustakaan Telkom University Jln. Telekomunikasi No. 1 Bandung, Rabu (18/5/16). Hadir sebagai pembicara, Puji Prabowo (27) penggagas Kelompok Belajar Aurora (Kejar Aurora).

Kejar Aurora merupakan sebuah wadah bagi anak-anak di Bandung untuk melatih daya imajinasi dan pendidikan soft skill, yang dikelola secara swadaya. Bersama sejumlah teman, Puji mendirikan Kejar Aurora ini pada 2012 lalu, dengan modal nekad dan niat baik. Untuk memulai Kejar Aurora, pria berkaca mata itu menumpang tempat di sebuah TPA. Dia boleh menggunakan tempat itu untuk beraktifitas selama pemiliknya tidak memiliki agenda untuk menggunakannya. Puji bahkan harus menjual t-shirt dan buku untuk membiayai kegiatan sosial tersebut.

Menurut Puji, ide untuk membentuk kelompok belajar terinspirasi dari kematian seorang sahabatnya akibat kanker. Dia menyaksikan sendiri bagaimana orang yang dahulu sangat dekat dengannya itu melalui masa-masa sulit, sebelum akhirnya meninggal dan dikuburkan. Sebuah realitas tentang kematian kemudian menyadarkannya bahwa setiap manusia pasti akan mati. Pada titik itu, Puji kemudian berpikir bahwa ketika waktunya tiba, dia ingin menjadi orang yang meninggalkan kebaikan.

“Saya bukan orang kaya yang bisa menyumbangkan banyak uang, atau jenius yang bisa mengantarkan anak-anak menjadi juara olimpiade sains. Tapi saya punya sedikit pengetahuan yang ingin saya bagi dengan orang lain. Jadi setelah saya berdiskusi ke sana ke mari, saya pun memutuskan untuk mengajar anak-anak,” ungkapnya.

Menurut Puji setidaknya ada tiga hal penting yang membuat kegiatan ini terus berjalan, yaitu trust, networking dan menanam kebaikan. Kegiatan Kejar Aurora begitu menginspirasi, sehingga Puji diundang oleh Annisa Pohan ke Cikeas, serta bertemu sejumlah tokoh nasional lainnya.

Kepala Unit Sumber Daya Keilmuan dan Perpustakaan Tel-U, Nurul Fitria, sengaja mengundang Puji dalam Open Discussion kali ini untuk menginspirasi warga Tel-U. “Dengan segala keterbatasan, kita semua terutama anak-anak muda seharusnya dapat melakukan banyak hal untuk membuat kehidupan di sekeliling kita lebih baik,” katanya.

Pada kesempatan itu, Perpustakaan Tel-U juga menyerahkan bantuan buku bacaan dari Asia Foundation untuk Kejar Aurora. Nurul berharap ada lebih banyak Kejar Aurora di Indonesia, sehingga masalah literasi di Indonesia dapat terpecahkan.(purel/lib)

Previous Article Next Article

Leave a Reply