28 Oct 2015

SEARCH Tel-U Sukses Gelar Kompetisi Berskala Nasional

BANDUNG, TEL-U – Unit Kegiatan Mahasiswa SEARCH Telkom University (Tel-U) sukses menggelar sebuah kompetisi berskala nasional yang bernama Java Business Competition (JBC). Kompetisi yang dilaksanakan pada tanggal 2-4 Oktober 2015 ini dilaksanakan di kampus Tel-U dan Bandung Indah Plaza serta diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Tahun ini merupakan kali keempat diselenggarakannya JBC. Bertema “Entrepreneurial Spirit to Enhance Indonesia’s Economic Growth in Competition of ASEAN Economic Community”, JBC mempertandingkan empat cabang lomba yaitu : Marketing Debate, Call for Paper, Business Simulation dan Entrepreneur Festival (E-Fest).

“Semua cabang lomba yang diadakan mempunyai tenggat waktu yang berbeda-beda dan tim yang lolos seleksi datang ke Tel-U untuk melaju ke babak selanjutnya,” tulis SEARCH dalam rilis yang dikirim Selasa (27/10).

Hari pertama JBC dibuka dengan seminar nasional “Stop Dreaming, Start your Business” yang diisi oleh pembicara Riezka Rahmatiana (Owner Just Mine Pisang Ijo), Abdul Majid Al Zindani (Direktur Utama & Share Holder PT. Gaya Realty dan CEO & Founder Alzin Group), dan Muhammad Ramadhan S.E (Owner Guten Inc). Seminar ini berhasil menyedot perhatian lebih dari 700 peserta.

Setelah seminar, kegiatan dilanjutkan dengan Technical Meeting (TM) untuk tiga cabang perlombaan, yaitu Marketing Debate, Call for Paper, dan Business Simulation untuk memberikan informasi seputar teknis lomba dan memberikan informasi mengenai Tel-U.

Hari kedua diselenggarakan presentasi dari 20 besar Call For Paper, penyisihan lomba Debate Marketing, serta penyisihan 20 besar Business Simulation menggunakan software JA Titan. Di waktu yang hampir bersamaan diadakan Technical Meeting (TM) untuk cabang perlombaan Entrepreneur Festival (E-Fest) guna memberikan informasi seputar teknis lomba dan kondisi di Bandung Indah Plaza (BIP), mengingat JBC tahun ini merupakan yang pertama diselenggarakan di luar kampus Tel-U.

Sedangkan pada hari ketiga digelar beberapa kegiatan seperti Final Business Simulation dan Marketing Debate serta presentasi produk bagi peserta E-Fest yang dipusatkan di BIP. Acara diakhiri dengan pembagian hadiah ke pemenang lomba.

Berikut para pemenang Java Business Competiton 2015 :
Call for Paper
Tim Fish System (Universitas Brawijaya)
Tim Greenpreneur (Institut Teknologi Sepuluh November)
Tim Jatayu (Universitas Gadjah Mada)
Business Simulation
Tim PAU9 (Institut Teknologi Bandung)
Tim Indotech (UPN Veteran Yogyakarta)
Tim Sepatu (Universitas Telkom)
Marketing Debate
Tim Semangat 1 (STIE Trisakti)
Tim Jempolan (Universitas Indonesia)
Tim IPRI 2 (Universitas Negeri Malang)
Entrepreneur Festival
Tim Apix (Universitas Airlangga)
Tim The Cev (Universitas Ciputra)
Tim Black Queen (Institut Teknologi Bandung) (purel/rls)

Previous Article Next Article

Leave a Reply