16 Jan 2015

Sebanyak 57 Proposal PKM Mahasiswa Tel-U Lolos Seleksi

BANDUNG, TEL-U – Sebanyak 57 proposal mahasiswa Telkom University (Tel-U) lolos pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun ini. Jumlah ini meningkat dibandingkatn tahun lalu yaitu sekitar 48 proposal. “Finalis yang lolos pada PKM ini nantinya akan dilombakan pada Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) 2015,” ujar Manager Kemahasiswaan Tel-U Drs. Lilik Leksono, Jumat (16/1).

Setiap tahunnya mahasiswa Telkom University (Tel-U) tidak pernah melewatkan kesempatan mengikuti seleksi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Program ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk mengembangkan potensi mahasiswa.

Menurut Lilik, sosialisasi PKM kepada mahasiswa dilakukan hingga di tingkat fakultas. Inilah yang menjadi upaya Telkom University dalam menggenjot jumlah proposal mahasiswa untuk ikut PKM. Ada 607 proposal yang ikut program PKM dan sebanyak 266 yang bisa diunggah pada pendaftaran online. Dari jumlah tersebut sebanyak 57 proposal berhasil lolos.

“Proses pengajuan proposal oleh mahasiswa dilakukan sekitar bulan September dan Oktober tahun lalu. Kemungkinan sekitar Mei tahun ini akan dilakukan proses monitoring dan evaluasi oleh pihak DIKTI” kata Lilik.

Ia menambahkan, Tel-U berupaya terus meningkatkan sosialisasikan PKM ke mahasiswa agar proposal yang masuk lebih banyak lagi. “Proposal yang baik akan menentukan pada saat final karena poin skornya cukup besar,” kata Lilik.

Mahasiswa Indonesia bebas memilih sub-program PKM sesuai dengan minatnya. Sub program PKM terdiri dari PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I), PKM-Karya Tulis (PKM- KT), PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). (purel/risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply