09 May 2016

Sekilas tentang NAU dan KNU Taras Shevchenko

KYIV, TEL-U – Telkom University (Tel-U) menjalin kerjasama pendidikan dengan dua universitas terkemuka di Ukraina, yaitu National Aviation University (NAU), dan Kyiv National University of Taras Shevchenko (KNU Taras Shevchenko). Namun, bisa jadi belum semua  sivitas akademika Tel-U tahu tentang dua perguruan tinggi ini.

NAU adalah universitas negeri yang tidak hanya mengkhususkan diri pada pendidikan penerbangan sipil, tetapi juga memiliki fakultas-fakultas  teknik (komputer, IT, dll), Hubungan Internasional, Hukum, Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Budaya. Didirikan pada tahun 1933, universitas ini telah memiliki tradisi riset yang tangguh di bidang teknologi penerbangan, radar, dan IT.

Sedangkan KNU Taras Shevchenko, merupakan salah satu universitas negeri terkemuka di Ukraina, yang dikenal sebagai center of excellent di Eropa Timur. Bekerja sama dengan KBRI, universitas ini pada tahun 2012 telah membuka Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, dan pada tahun 2015 mendirikan Pusat Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia dan termasuk salah satu universitas penerima bantuan dari Kemristek dan DIKTI berupa pengiriman dosen bantuan pengajar bahasa Indonesia program SAME – BIPA (Scheme for Academic Mobility and Exchange – Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing).

Kerjasama antar universitas ini merupakan terobosan baru, karena untuk yang pertama kalinya dalam 24 tahun sejarah hubungan bilateral RI – Ukraina terdapat sebuah universitas di Indonesia yang melakukan penandatanganan kerjasama dengan universitas di Ukraina, yang pada akhirnya akan membuka peluang yang semakin lebar bagi kerjasama pendidikan kedua negara. (purel/fds)

Previous Article Next Article

Leave a Reply