14 Jun 2016

Selain Ijazah, Lulusan Tel-U akan Diberi SKPI

BANDUNG, TEL-U – Wakil Rektor (Warek) 1 Bidang Akademik dan Sistem Informasi Telkom University (Tel-U) Dr Heroe Wijanto, Ir, MT mengatakan mahasiswa yang lulus pada September 2016 nanti akan mendapatkan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) bersamaan transkip akademik dan ijazah. “Sesuai dengan Permen 81/2014 bahwa SKPI adalah dokumen yang memuat informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan tinggi bergelar,” katanya.

Hal ini disampaikan Warek 1 pada acara pengesahan Kurikulum 2016 yang berlangsung di Gedung Bangkit Rabu (8/6) lalu. Pengesahan dilakukan oleh Rektor Telkom University Prof Ir Mochamad Ashari MEng, PhD.

Warek 1 menjelaskan berdasarkan permenristek dikti no.44/2015 tentang standar nasional pendidikan tinggi (SN-Dikti) khususnya pasal 24 ayat 5, mahasiswa yang dinyatakan lulus berhak memperoleh ijazah, sertifikat profesi (bagi lulusan profesi), sertifikat kompetensi (bagi lulusan dengan keahlian dalam cabang ilmu dan/atau memiliki prestasi diluar program studinya), gelar, dan surat keterangan pendamping ijazah (kecuali ditentukan lain oleh peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, menyusul disahkannya Kurikulum 2016, Direktur Akademik Christanto Triwibisono, Ir, MM menjelaskan bahwa ringkasan buku kurikulum 2016 sudah siap digunakan pada Agustus mendatang. Ringkasan ini, menurutnya, untuk melengkapi Buku Pedoman Pendidikan 2016 yang akan diimplentasikan pada 22 Agustus 2016.

Di dalam ringkasan ini sudah ada ekuivalensi dari kurikulum lama ke kurikulum baru, dan matakuliah yang sudah diunggah di Igracias. “Ringkasan kurikulum ini juga bisa digunakan apabila ingin melakukan student exchange atau double degree,” katanya.

Pola pelaksanaan perkuliahan, tambah Christanto, jika matakuliah dengan 2 SKS maka teori akan dilaksanakan 2 jam sekaligus, 3 SKS teori akan dilaksanakan 3 jam sekaligus, dan 4 SKS teori dilaksanakan 2 kali pertemuan masing-masing 2 jam. (purel/aw)

Previous Article Next Article

Leave a Reply