23 Oct 2013

Seminar Nasional TASS Telkom University, “Confortable Living with Information Technology”

BANDUNG TEL-U. Indonesia boleh dipandang maju untuk urusan penggunaan teknologi internet. Buktinya pemanfaatan internet di Indonesia terbilang cukup tinggi. Sebagian besar perubahan sosial dan ekonomi masyarakat kini didukung oleh internet. Seminar Nasional “Confortable Living with Information Technology” mengulas tuntas pentingnya kenyamanan hidup masyarakat kini dengan keberadaan teknologi informasi. Acara berlangsung di kampus Telkom Applied Science School Telkom University (TASS Tel-U, Rabu (23/10/2013).

Pembicara seminar saat itu yakni Staf Ahli Kementrian Bidang Teknologi, Prof. Dr.-Ing. Kalamullah Ramli menyampaikan,  sumber daya informatika mencakup frekuensi, numbering, populasi, geografi, intelektual,  numbering. Sumber daya tersebut membawa perubahan pada situasi ekonomi sosial politik dan budaya di Indonesia.
“Indonesia sekarang sedang menyiapkan broadband untuk meningkatkan kualitas layanan internet dengan kecepatan tinggi. Yang sedang kita kerjakan yakni pembangunan infrastruktur,” kata Kalamullah.

Jelasnya, dari segi kebutuhan SDM, Indonesia banyak membutuhkan engineer   radio frekuensi, fibre optic, IPV6, informatika dan keamanan jaringan, technopreneurship, new media, digital creative dan platform development.
“Indonesia butuh ahli fibre optic karena kini tengah gencar membangun infrastrukturnya. Sedangkan teknisi IPV6 akan membantu transformasi IPV4 ke IPV6,”

Pembicara lainnya yakni   Ketua Masyarakat Telematika Indonesia, Ir. Richard Kartawijaya, MBA.  Bagi Richard teknologi sudah banyak mengubah kehidupan penduduk dunia.

“Teknologi memiliki dampak positif dan negatif. Sekitar 80% informasi suatu produk di sampaikan di sosial media seperti Facebook, Twitter dan Youtube,” kata Richard.

Lanjutnya,  teknologi juga mendorong apresiasi terhadap kebebasan dan perbedaan pendapat. Memudahkan dunia usaha dalam pengambilan keputusan, serta memungkinkan setiap orang melakukan sesuatu.  Senada dengan musisi Dera Idol. Ia pun merasakan perkembangan teknologi komunikasi kian bersahabat.

“Teknologi komunikasi, khususnya gadged membuat aku semakin keren dan maju. Saya berharap teknologi tetap digunakan secara positif,” kata Dera.

Seminar saat itu dilanjutkan dengan sesi diskusi. Selanjutnya acara di meriahkan oleh penampilan tari Merak dan Rampak Gendang UKM Rorompok Parahiyangan TASS Tel-U dan Dera Idol.  – KOMPRO TEL-U

Previous Article Next Article

Leave a Reply