27 May 2015

Syaif Muhami Shidiq, Juara 1 Challenge Invention Mechanical Engineering 2015

BANDUNG, TEL-U – Scrissor Lift dikenal sebagai tangga berbentuk mirip gunting yang digunakan didunia pekerjaan untuk menggapai benda-benda tinggi. Dalam suatu pekerjaan konstruksi atau mekanik, Scrissor Lift sangat dibutuhkan untuk mencapai wilayah yang sulit dijangkau secara vertical. Pada lomba Desain Challenge Invention Mechanical Engineering (IMEV) 2015, mahasiswa Teknik Industri Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University (Tel-U) 2013, Syaif Muhami Shidiq melakukan desain ulang pada Scrissor Lift tersebut agar lebih aman bagi pekerja.

“Modifikasi desain mempertimbangkan safety, healthy, dan environtment. Pekerjaan di tempat ketinggian harus mengutamakan keselamatan dari pekerja,” kata Syaif, Selasa (26/5). Atas desainnya itu Syaih berhasil meraih juara 1 di IMEV.

IMEV diikuti oleh mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia. Dikompetisi ini, peserta lomba dituntut untuk lebih kritis dan berfikir cepat. Pada setiap tahap lombanya diberikan waktu tidak banyak untuk menyelesaikan desain 100%. Selain Syaif, mahasiswa Teknik Industri 2012 Lanang Arifianto juga mewakili Tel-U pada kompetisi IMEV.

“Peserta dari perguruan tinggi lain rata-rata semua dari jurusan Teknik Mesin. Diakui, cara berpikir mereka sangat cepat dalam menyelesaikan inovasi desain yang mereka buat. Namun tidak semua peserta terpikirkan tentang desain yang mengutamakan factor keselamatan pekerja. Inilah yang mungkin membuat desain saya unggul berada di posisi juara 1,” pungkas Syaif. (purel/risca)

Previous Article Next Article

Leave a Reply