11 May 2015

Tel-U Ajak Siswa SMK Aktif Ikut Lomba Robotik

BANDUNG, TEL-U – Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi Telkom University mengajak guru dan siswa SMK untuk aktif ikut lomba robotik. Ajakan ini diungkapkan dalam Pelatihan Pengembangan Media Ajar Robotik Cerdas Untuk Pembelajaran Mikrokontroler Bagi Guru Dan Siswa SMK Prakarya Internasional yang diselenggarakan di laboratorium lantai dasar Gedung Selaru, Sabtu (9/5).

“Pelatihan ini ditujukan agar siswa-siswi SMK dapat ikut berkompetisi dalam lomba robotik di tingkat SMK itu sendiri”, ujar Dwi Andi Nurmantis, dosen D3 Teknik Telekomunikasi yang menjadi salah satu pemateri.

Pelatihan ini merupakan salah satu wujud pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran para guru dan menumbuhkan bibit unggul dari para siswa-siswi, bahwa robot merupakan salah satu hal yang menarik, terutama di zaman teknologi seperti sekarang ini.

Dari hasil survey yang dilakukan, kurikulum SMK saat ini menggunakan kurikulum 2013 di mana kurikulum tersebut lebih mengarah untuk pembelajaran aplikatif. “Mereka memiliki mata pelajar mikrokontroler, namun karena yang mereka pelajari masih konvensional, jadi disini kita berusaha membantu gurunya agar mata pelajaran mikrokontroler ini dapat diaplikasikan melalui salah satunya robot cerdas ini”, ujar Ketua Pelaksana Acara, Tri Nopiani Damayanti.

Pelatihan robotik ini dihadiri oleh para guru dan siswa-siswi SMK Prakarya Internasional. Turut hadir Unang Sunarya, Yuli Sun, dan Dwi Andi Nurmantris selaku dosen D3 Teknik Telekomunikasi dan sekaligus sebagai pembicara dalam acara tersebut. (Purel/Nisa)

Previous Article Next Article

Leave a Reply