20 May 2015

Tel-U Hadirkan Google Apps For Education

BANDUNG, TEL-U – Direktorat SISFO Telkom University menghadirkan sistem Google Apps yang bisa terintegrasi dengan sistem layanan milik Tel-U seperti iGracias. Sistem berbasis web yang dikenal dengan nama Google Apps For Education (GAFE), dapat membantu seluruh civitas Tel-U untuk login pada layanan yang diberikan oleh Google dengan menggunakan SSO.

Menurut Asisten Manajemen Pengembangan Infrastruktur SISFO Ibnu Asror, GAFE menyediakan layanan Gmail dengan kapasitas 25GB, Google Drive sebesar 5GB, Google Calender, dan Google Site. “Saat ini GAFE hanya bisa mengakses keempat layanan tersebut, tetapi kedepannya kita akan kembangkan lagi pada local application,” ujarnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Ibnu dalam acara Sosialisasi Google Apps For Education yang di gelar di Ruang Vicom Direktorat SISFO Tel-U, Selasa (19/5).

Tidak secara otomatis sistem layanan di iGracias bisa terintegrasi langsung dengan GAFE. Untuk mengaktifkan layanan GAFE, mahasiswa harus mengaktifkannya melalui helpdesk SISFO atau datang langsung ke ruangan SISFO. “Syaratnya adalah mahasiswa harus aktifasi SSO, baru bisa mendapatkan layanan GAFE itu sendiri,” jelas Ibnu.

Ibnu menambahkan, GAFE akan tetap bisa digunakan oleh mahasiswa hingga menjadi alumni. Tujuannya adalah agar mahasiswa yang sudah menjadi alumni bisa tetap berkomunikasi dengan internal Telkom University. “Harapannya agar komunikasi dengan mahasiswa tidak berhenti hanya sampai mahasiswa tersebut selesai masa studinya,” pungkasnya. (Purel/EAD)

Previous Article Next Article

Leave a Reply